Anti Hoaks dan Workshop Terarium Berjalan Bersama

DEMAK — Mahasiswa KKN UPGRIS 2020 di Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, mengadakan Sosialisasi Anti Berita Hoaks dalam rangka memperingati HPN (Hari Pers Nasional), Minggu (9/2/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Sumberejo dengan peserta ibu-ibu PKK dari masing-masing dusun. Tujuan dilaksanakannya sosialisasi terkait berita hoaks ini adalah untuk memahamkan masyarakat terkait pemanfaatan media sosial yang sehat agar terhindar dari berita bohong atau hoaks.

Sosialisasi Anti Berita Hoaks merupakan salah satu program kerja di bidang pendidikan yang dibuat sebagai pembelajaran tentang cara menghindari berita yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar oleh oknum tak bertanggung jawab.

Rakhma Diah Salekha, penanggung jawab sekaligus pemateri acara ini mengatakan bahwa, “Banyak masyarakat yang mudah membagikan berita ke orang lain tanpa mengetahui kebenaran dari berita tersebut, membuat kami, Tim KKN UPGRIS 2020, ingin mengadakan sosialisasi terkait hal tersebut. Selain itu, pelaksanaannya disesuaikan dengan Hari Pers Nasional sekaligus berkolaborasi dengan program kerja bidang lingkungan, yaitu workshop pembuatan terarium.”

Setelah sosialisasi dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan program kerja bidang lingkungan yaitu workshop pembuatan terarium. Pelatihan ini diadakan karena belum ada budidaya tanaman hias dan ibu-ibu di Desa Sumberejo belum mempunyai keahlian dalam pembuatan terarium.

“Antusiasnya luar biasa, dibuktikan dengan pertanyaan yang dilontarkan ibu-ibu tentang pertanian, yang ternyata bisa untuk melatih kreatifitas dan menambah pendapatan bagi mereka. Lalu mereka juga menanyakan bagaimana budidaya kaktus yang mudah,” kata Hendro Sarjito, founder @terrasgallery.id, pemateri workshop pembuatan terarium. Jito menambahkan bahwa selain dapat membersihkan udara, memberi ketenangan, dan efek relaksasi, terarium juga dapat memberikan nilai estetika di dalam rumah.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan memberi pemaparan secara detail tentang terarium. Mulai dari cara pembuatan, manfaat, dan peluang bisnis dari terarium. Warga Desa Sumberejo, khususnya ibu-ibu, diharapkan mampu memanfaatkan hasil pertanian dengan kreatif dan produktif setelah mengikuti workshop tersebut. (RedG/Almira W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *