oleh

Angkat Sipena, Zela Septikasari Raih Doktor dengan IPK 4,00

Yogyakarta – Bertempat di Gedung Moh. Amin, Zela Septikasari berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Pengembangan Website Siaga Pendidikan Bencana (Sipena) untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sekolah Dasar Kawasan Rawan Bencana” pada Senin (30/10/2023) pada Program Studi Pendidikan Dasar (S3) FIPP Universitas Negeri Yogyakarta.

Zela mampu mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji, yaitu Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd., (promotor), Prof. Dr. Insih Wilujeng, M.Pd., (Kopromotor), Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO., (Ketua), Prof. Dr. Wuri Wuryandani, M.Pd., (Sekretaris), Dr. Woro Sri Hastuti, M.Pd., (Penguji 2), dan Prof. Ir. Bakti Setiawan, M.A., Ph.D. (Penguji 1).

Dalam penelitiannya, Zela mengangkat enam tujuan penelitian dengan memilih metode R & D dengan tipe Borg & Gall melalui sepuluh tahapan. Temuan risetnya menyebut bahwa website Siaga Pendidikan Bencana (Sipena) dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa SD di kawasan rawan bencana.

“Alasan kenapa riset ini di SD, karena siswa SD menjadi agen kesiapsiagaan bencana. Bahkan bisa menjadi agenda di keluarganya masing-masing,” kata Zela.

Zela juga menegaskan bahwa temuan ini juga terdapat keterbatasan, salah satunya butuh panduan penggunaan di rumah, dan dilengkapi dengan ranah lain yaitu lengkap menjadi kognitif, afektif dan psikomotorik sesuai saran dari penguji.

Hadir sejumlah tamu undangan, Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, BPBD DIY, BPDB Sleman, BPDB Bantul, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Rektor UPY, Rektor UGK, guru SD Negeri 37 Pontianak Tenggara Herwulan Irine Purnama, Wakil Rektor INISNU Temanggung Hamidulloh Ibda, dan guru SD Muhammadiyah Condongcatur Rois Saifuddin Zuhri.

Dalam kesempatan itu, Zela mengatakan bahwa website Sipena telah mendapatkan hak cipta darI Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang bisa diakses oleh semua orang.

Baca Juga  Ketua Ormas Rajawali Sakti Tanjab Barat Meminta Pengawas SPBU Cegah Kendaraan Isi BBM Lebih Dari 1 Kali

Saat pengumuman kelulusan, Ketua Sidang Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO., mengatakan bahwa Zela Septikasari lulus dengan IPK 4,00 dengan predikat Summa Cumlaude dengan masa studi 26 bulan (2 tahun lebih dua bulan) yang ditempuh dengan jalur by research. Zela merupakan doktor pendidikan ke-64 pada FIPP UNY.

Zela merupakan perempuan yang aktif di bidang kebencanaan. Ia menjadi fasilitator nasional BNPB pada Program Desa Tangguh Bencana di DIY 2015-2016, Manager Area di Kabupaten Gresik 2017, Staf DRR CRS pada Program CLDRM 2019, inisiator CLDRM di Lombok Utara dan Donggala, Sulawesi Tengah, fasilitator SPAB BPBD DIY 2012-sekarang, dan yang lain. Pihaknya menyelesaikan S1 PGSD UNY, S2 PGSD UNY, S2 Manajemen Bencana UGM, dan menyelesaikan S3 Pendidikan Dasar UNY. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar