oleh

Anggota Komisi IV DPR RI Temui Gapoktan di Purwantoro

Wonogiri – Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah mengunjungi Daerah Pemilihannya (Dapil Jateng IV) dan bertemu dengan Gapoktan di Kecamatan Biting Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri belum lama ini.

Hadir pada pertemuan tersebut para Ketua dan Pengurus Gapoktan juga beberapa pengurus PKB dan NU.

Pada pertemuan tersebut Luluk Nur Hamidah banyak mendapat keluhan dari para pengurus Gapoktan soal sarana dan prasana pertanian khususnya peralatan tanam dan panen.

Seperti yang diusulkan oleh Roso salah satu Ketua Poktan dan juga mantan Kepala Desa Biting yaitu alat pengolah lahan tembakau dia juga mengusulkan paralonisasi untuk pengairan di dua desa yakni Desa Biting dan Desa Kepyar.

Koordinator Poktan Desa Biting Didik menyampaikan bagaimana upaya untuk menanggulangi berkurangnya lahan pertanian karena beralih jadi perumahan.

Didik juga berharap program program yang di bawa Luluk Nur Hamidah jangan hanya sekedar program, tapi program yang berkelanjutan untuk mengangkat kemandirian petani. Bahkan di Desa Biting sudah ada koperasi petani Jamur Kuping dan Koperasi Peternak.

“Meraka butuh binaan agar lebih berkembang,” katanya.

Luluk menanggapi semua dengan menyampaikan bahwa di Komisi IV yang salah satunya membidangi pertanian, terkait peralatan yang diusulkan untuk petani tembakau akan diupayakan semaksimal mungkin.

Luluk berharap juga para petani akan lebih kreatif, dijelaskannya bahwa produk pertanian bisa diolah menjadi makanan siap saji.

Dia menegaskan harus ada sinergitas antara Poktan dengan pemangku kepentingan di daerahnya masing-masing.

Luluk berharap ke depan akan ada sistem klaster tanaman dan petani,hal ini akan bisa mengangkat harkat petani.( red )

Komentar

Tinggalkan Komentar