oleh

AMDK, Amat Mudah Mendapat Keuntungan Apakah Demikian Faktanya?

Pemalang – Air Minum Dalam Kemasan merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Ada minimal tiga alasan kenapa investor mau menanamkan investasinya di AMDK ini, antara lain Mempunyai pangsa pasar luas, Teknologi yang digunakan mudah dan Permodalan fleksibel. Sehingga banyak investor yang mengartikan AMDK Amat Mudah Mendapat Keuntungan

Akan tetapi dalam prakteknya para investor juga harus mampu bersaing dengan para investor lainnya yang sudah atau bersama-sama menggarap pasar AMDK ini. Banyak permasalahan dan rintangan yang harus dihadapi dan diselesaikan dengan baik. Karena banyak para pelaku bisnis ini harus mengoreksi bisnisnya, bukannya berkembang tapi bisnis cenderung pasif, bukannya cuan malah bo cuan. Sehingga mengartikan AMDK menjadi AMAT MUMET DIKIT KEUNTUNGAN

Kenapa bisnis ini bisa merugi, padahal mempunyai potensi yang luas.

Menurut para pelaku di dunia bisnis AMDK, kenapa bisnis bisa merugi padahal mempunyai potensi yang luas? Setidaknya ada dua permasalah yang mendasari hal tersebut yakni kesalahan dalam Perencanaan dan buruknya manajemen dan pengelolaan pabrik.

Pada perencanaan, banyak investor dengan finansial tapi dengan perencanaan yang kurang baik, minimal tidak  memperhitungkan masalah Target market, Lokasi pabrik, Layout pabrik, Output mesin.

Disamping itu juga perlu didukung tim work yang solid diantara Tim produksi,  Tim marketing, Tim distribusi, Tim administrasi. Tim ini bekerjasama dengan SOP yang jelas.

Perencanaan

Dalam perencanaan tentunya para investor paling utama adalah memperhitungkan target market yang akan disasar. Peluang ADMK yang begitu nluas maka perlu ditentukan target market dan segmentasi Market.

Dalam dunia AMDK jenis dan kemasan berbeda memiliki segmen berbeda, memiliki area market berbeda. Ambil contoh Misal AMDK dengan pH tinggi atau Air dengan tambahan oksigen (RO) tentunya berbeda segmennya dengan air minum biasa.

Baca Juga  Menciptakan Kader Pemasyarakatan Anti Korupsi  

Kemasan yang unik dengan berbagai desain lucu tentunya berbeda segmentasinya dengan air minum dengan desain biasa.

Sampai jenis kemasan pun mempunyai segmentasi yang berbeda misalnya Cup 220/240  ml cocok untuk acara hari besar keagamaan , pernikahan, hajatan lainnya. Botol 330 ml cocok untuk bekal sekolah dan perkantoran. Botol 600 ml untuk orang bepergian Botol 1500 ml cocok untuk wisatawan, nelayan, sopir. Galon cocok untuk RT, kantor, pabrik dll

Dalam perencana tentunya perlu memperhatikan Lokasi pabrik . Dengan mengetahui siapa, dimana calon konsumen maka lokasi pabrik sangat penting.

Dalam menentukan lokasi pabrik harus memperhatikan antara lain dekat dengan area market (berhubungan dengan distribusi, harapannya menjangkau 4 kota, dengan jangkauan 50 sampai 100 km). Ketersediaan air baku, Kelas jalan karena berhubungan dengan transportasi yang biasanya menggunakan tronton maupun kontainer serta Ketersediaan aliran listrik.

Dalam perencanaan juga diperhatikan Layout pabrik. Tanpa layout yang baik pekerjaan tidak efektif dan efisien.

Yang terakhir adalah Output mesin. Kemampuan mesin dalam melakukan proses produksi dalam waktu tertentu. Misal, per jam, per hari per bulan.

Sehingga harus selaras dengan target market, jenis produk dan luasan pabrik.

(akan berlanjut dalam manajemen dan pengelolaan pabrik) (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar