oleh

Aman, Donor Darah di Tengah Pandemi Covid-19

Pemalang – Dimasa pandemi corona, tidak dipungkiri kalau stock darah di PMI Pemalang mengalami penurunan, karena tidak ada donor darah massal, serta anggapan sebagian orang donor di musim wabah corona ini berbahaya.

Anggapan ini ditepis oleh Bupati Pemalang Dr. H. Junaedi, dengan ikut sebagai pendonor di pendopo kabupaten Pemalang. Dalam Aksi donor darah ini terselenggara oleh PMI bersama Pemkab, TNI, Polri dan masyarakat mengambil tema ‘Bhakti Untuk Negeri’ bupati memberi pesan pentingnya donor juga untuk memberikan pemahaman jika donor darah di saat wabah Covid-19 itu aman sepanjang menggunakan Standar Operasi Prosedur (SOP).

”Kegiatan donor darah itu penting, untuk kebugaran tubuh kita dan untuk menolong sesama. Jangan takut donor darah,” kata H. Junaedi.

Koordinator petugas PMI Agus Sulaiman, menjelaskan mengenai prosedur tetap dalam melaksanakan donor darah di tengah tengah pandemi virus corona. Harus menggunakan SOP sebagaimana instruksi Kementerian Kesehatan diantaranya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti baju khusus, masker dan sarung tangan.

“Jangan ragu berdonor darah, donor darah itu sehat dan tidak menularkan Covid-19, karena menggunakan protap sebagaimana instruksi Kemenkes,” kata Agus Sulaiman.

Sebanyak 55 kantong darah berhasil disumbangkan oleh para pendonor di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang,  yang dilakukan di dua tempat yaitu di pendopo kabupaten dan lapangan tenis di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Pemalang. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar