PatiĀ  – Sejak lulus tahun 2008, alumni Madrasah Aliyah (MA) Madarijul Huda Kembang, Dukuhseti, Pati program umum atau MAU menggelar rutin reuni dan halalbihalal yang terhitung sudah 10 tahun sampai tahun 2018 ini. Pada tahun ini, alumni program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tersebut konsisten menggelar reuni yang pada Senin (18/6/2018) bertempat di rumah Umi Khoiriyah dan Muklisin di Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah.

Alumni yang kini tersebar di beberapa daerah ini konsisten melakukan reuni dalam rangka memerkuat kekeluargaan. Apalagi, mereka kini sudah berdomisili tidak hanya di Pati, namun ada yang di Jepara, Semarang, Kendal, Jakarta dan bahkan ada yang di luar Jawa.

Panitia reuni, Ummi Fadhilatin, menegaskan kegiatan tersebut tak hanya kumpul-kumpul dan makan-makan saja. Namun juga diisi dengan bermaaf-maafan, dan juga tahlilan dalam rangka mendoakan pendiri dan guru keluarga besar Yayasan Pengembangan Madarijul Huda (YPM) Kembang dari nasab KH. Hasbullah sesepuh dan penggagas Madarijul Huda.

Kegiatan itu juga untuk merekatkan ukhuwah antaralumni. “Semoga ini konsisten sampai besuk,” harap Ummi.

Saat memimpin tahlilan, Hamidulloh Ibda salah satu alumni juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menjadi bagian dari kepedulian atas kekeluargaan yang usai menuntut ilmu di MA Madarijul Huda. “Yang belum menikah semoga segera mendapat istri, yang perempuan semoga segera mendapat suami. Yang belum punya anak semoga segera punya momongan. Yang sudah punya segera nambah,” beber dia yang didampingi Sodikin, Ahmad Fathoni, Nurul Huda, Ahmad Rotib dan kawan-kawannya.

Tak hanya seorang diri, para alumni juga membawa keluarga dari suami/istri beserta anak. Meski sederhana, namun momentum tersebut dalam rangka melestarikan tradisi halalbihalal dan silaturahmi para alumni MA Madarijul Huda yang kini bekerja dengan berbagai macam profesi. (RedG)

Tinggalkan Komentar