oleh

Alat GeNoSe Buatan UGM Hadir untuk Membantu Upaya 4T Covid-19

Jakarta – Alat deteksi Covid-19 GeNose buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil melakukan uji coba di Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Atas keberhasilan ini, Pemerintah memberikan apresiasi kepada tim GeNose dari UGM yang sudah bekerja keras menciptakan inovasi ini.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, alat ini akan membantu pemerintah dalam melakukan upaya Tracking, Tracing, Testing dan Treatment (4T). Pihaknya pun akan mendorong penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose di simpul-simpul transportasi umum. Seperti di Stasiun Kereta Api, Bandara, Pelabuhan dan Terminal.

“Hari ini pak Menko Luhut memberikan dukungan yang luar biasa dengan mencoba langsung. Kami akan mendorong penggunaan alat ini di simpul-simpul transportasi umum,” kata Budi Karya usai menyaksikan uji coba alat GeNoSe di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Terkait penggunaan di transporasti umum tersebut, Budi Karya mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), UGM, dan Satgas Penanganan Covid-19.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan akan segera ditindaklanjuti dengan surat persetujuan untuk penggunaan di simpul-simpul transportasi umum,” ujarnya.

Menurut Bidi Karya, setelah mendapat persetujuan, pihaknya akan membuat Surat Edaran (SE) kepada para operator transportasi.

“Kami rencanakan penggunaannya sudah dimulai pada 5 Februari 2021 pada Stasiun KA terlebih dahulu, baru kemudian bertahap selanjutnya di Bandara,” ungkap Menhub.

Rencananya, selain di aerah transportasi umum, alat GeNoSe ini juga akan digunakan di area publik, seperti Hotel, Mall, hingga lingkungan masyarakat RT/RW.

Sebagai informasi, alat GeNose ini dirancang untuk meningkatkan skrining Covid-19. Cara penggunaannya pun sangat sederhana, yakni cukup hanya dengan hembusan nafas saja sehingga memberikan rasa nyaman saat menggunakannya dan dapat digunakan di semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Tingkat akurasi mendeteksinya pun lebih cepat, yakni di atas 90%.

Baca Juga  Alexander Fransiscus: Sebaiknya Usul Kenaikan Tunjangan Dewan Ditinjau Ulang

Kementerian Kesehatan pun telah memberi izin edar penggunaan alat GeNoSe tersebut. Sementara harga yang dibandrol untuk alat GeNoSe ini seharga Rp62 juta. Sementara untuk penggunaan per orangnya dikenakan sekitar Rp20 ribu per orangnya. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed