oleh

Akibat Banjir, Perjalanan KA DAOP 4 Semarang Terganggu

Semarang – Hujan deras Jumat (5/2/2021) malam dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), mengakibatkan perjalanan kereta api (KA) ikut terganggu karena Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol ikut terendam banjir.

Menurut Humas PT KAI DAOP 4 Semarang, Krisbiyantoro, Stasiun Tawang seluruhnya terendam banjir hingga ke jalan raya depan stasiun. Kedalaman air di Hall Stasiun Tawang mencapai 70 cm yang mengakibatkan fasilitas penumpang juga mengalami gangguan. Sedangkan, Stasiun Poncol terendam banjir  di halaman parkir saja.

“Curah hujan sejak kemarin malam tak kunjung reda dan mengakibatkan Stasiun Tawang, Poncol, dan jalur KA lintas utara sebagian terendam air. Dengan kondisi banjir yang hampir merata di wilayah DAOP 4 Semarang mengakibatkan perjalanan kereta api terganggu,” kata Krisbiyanto dalam keterangan pers yang diterima gnews.id, Sabtu (6/2/2021).

Kendati demikian, Krisbiyanto mengatakan, pihakya melakukan upaya untuk menekan keterlambatan akibat Stasiun Poncol dan Tawang terendam banjir dengan mengalihkan rute atau mengalihkan ke moda lain.

Sementara itu, lanjutnya, KA Argo Bromo anggrek dari Stasiun Gambringan juga dialihkan rute perjalanannya melalui lintas Selatan lewat Solo – Yogya – Purwokerto – Cirebon. Sedangkan, KA Harina para pelanggannya selain mendapatkan Service Recovery, dialihkan dengan moda Bus dari Stasiun Poncol menuju ke Stasiun Brumbung dengan jarak 17 kilometer.

“Selanjutnya diangkut dengan rangkaian yang telah disiapkan eks rangkaian KA Maharani,” paparnya.

Untuk pelanggan KA Joglosemarkerto dari Stasiun Alastua, Krisbiyanto mengatakan, mereka diangkut dengan minibus menuju Stasiun Poncol. Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA di wilayah DAOP 4 tersebut.

“Kami PT KAI DAOP 4 Semarang mohon maaf yang sebesar -besarnya atas terganggunya sejumlah perjalanan KA di wilayah DAOP 4 Semarang,” tandasnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKN UPGRIS Manfaatkan Lahan Sempit Perkotaan

Adapun rincian pengalihan perjalanan  kereta api yang dilakukan PT KAI DAOP 4 tersebut meliputi:

  1. KA Argo Bromo Anggrek dari Surabaya Turi tujuan Jakarta, yang tertahan di Stasiun Gambringan.
  2. KA Kaligung dari Tegal tujuan Semarang tertahan di Stasiun Mangkang. begitu juga Kaligung tujuan Tegal.
  3. KA Maharani dari Surabaya Turi tujuan Semarang tertahan di Stasiun Brumbung.
  4. KA Kamandaka dari Purwokerto tujuan Semarang tertahan di Stasiun Pekalongan.
  5. KA Kedungsepur dari Semarang tujuan Ngrombo tertahan di Stasiun Tawang.
  6. KA Harina dari Bandung tujuan Surabaya Turi tertahan di Stasiun Poncol.
  7. KA Barang sejumlah 5 KA juga tertahan di koridor yang sama.

Sebagai informasi, banjir yang mengguyur sebagian wilayah Semarang pada Jumat (5/2/2021) malam tersebut mengakibatkan 10 kecamatan terendam banjir.

Adapun 10 kecamatan tersebut adalah Kecamatan Tugu, Semarang Barat, Semarang Tengah, Ngaliyan, Semarang Timur, Semarang Selatan, Gayamsari, Genuk, Pedurungan dan Kecamatan Semarang Utara. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar