oleh

ACT Solo Siapkan Logistik untuk Kapal Kemanusiaan

Solo – Kala pandemi Corona bencana non alam yang saat ini berlangsung, ternyata bencana alampun datang  silih berganti di awal tahun 2021.  Erupsi Gunung Semeru dan Merapi, gempa di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan selatan dan masih banyak lagi bencana di berbagai lokasi. Kondisi ini diperparah dengan cuaca yang masih tidak menentu dan curah hujan yang cukup tinggi di berbagai wilayah sehingga ancaman banjir dan tanah longsor masih mengkhawatirkan.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)  merespon bencana yang datang silih berganti tersebut dengan menginisiasi bantuan dalam bentuk Kapal Kemanusiaan untuk Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan, dua wilayah yang terdampak parah.

ACT Solo pun bergerak cepat dengan mendirikan posko kemanusiaan di kantor ACT Cabang Solo dan posko pendukung yang tersebar di seluruh Soloraya. Posko-posko ini difungsikan untuk mengelola bantuan-bantuan dari masyarakat dermawan di seluruh Soloraya yang kemudian akan diberangkatkan melalui Kapal Kemanusiaan ACT.

Koordinator Program ACT Solo, Ardiyan Sapto, Senin (25/1) menyampaikan bahwa hadirnya lumbung-lumbung logistik untuk memudahkan masyarakat berpartisipasi.

“Adanya posko yang tersebar di daerah bertujuan untuk memudahkan masyarakat ikut andil dalam mengatasi bencana yang terjadi. Mereka tak harus datang ke Kantor ACT Solo tetapi cukup mendatangi posko yang terdekat dengan rumah mereka,” ungkap Ardiyan.

Branch Manager ACT Solo, R. Bagus Suryanto mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak membantu para korban bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Bencana yang datang di berbagai wilayah di negeri ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Kita tak bisa sendiri-sendiri mengatasi permasalahan besar ini, tetapi ketika seluruh lapisan masyarakat bergerak berkontribusi maka pemulihan pascabencana akan jauh lebih cepat,” ungkap R Bagus Suryanto.

Baca Juga  Peringati Hari Pers Nasional, IWO Kabupaten Bekasi Lakukan Tugas Kemanusiaan 

Kabar terkini tentang kondisi di lokasi bencana akan terus diupdate secara berkala melalui media sosial ACT Solo maupun di media masa. Harapannya, seluruh elemen masyarakat di Soloraya dan sekitarnya bisa ambil bagian dalam membantu para korban bencana. (RedG/Aris Y)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed