oleh

65 Pasangan Nikah Masal Bangka Tengah Terima Buku Nikah

Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, bersama Kejaksaan Negeri Bangka Tengah dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, mengelar Nikah Massal. Dimulai dengan arak-arakan pengantin dan pengiring dari halaman kantor Bupati Bangka Tengah menuju
Gedung Serba Guna, Rabu (08/11/2023).

Diketahui, ada 65 pasang calon pengantin yakni 60 pasang muslim, dan 5 pasang non muslim, yang ada di 6 kecamatan, Kabupaten Bangka Tengah. Menerima Kartu Keluarga, KTP, dan Buku Nikah/Akta.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung, Asep Maryono, mengatakan memberikan apresiasi kepada Bupati Bangka Tengah yang telah melaksanakan acara ini.

“Melalui pernikahan massal ini, pemerintah hadir untuk memecah kebuntuan masyarakat yang terkendala akses ke lembaga perkawinan, perubahan status seseorang.

Ia menuturkan, setelah melangsungkan pernikahan secara langsung ini sangat baik, kemudahan ini patut ditiru oleh kabupaten lain,” jelasnya.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini guna memenuhi hak-hak konstitusional warga negara dalam memperoleh akta perkawinan/akta nikah, dan dokumen kependudukan.

“Kegiatan ini inisiatornya Bapak Kejati Babel, untuk mengajak masyarakat memahami betul bahwa kegiatan ini ada manfaatnya untuk kepentingan anak di masa depan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, masyarakat memang harus tahu betul bahwa administrasi kependudukan itu sangatlah penting.

“Mudah-mudahnya kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya, dengan jumlah pendaftar yang lebih banyak dan perayaan yang lebih meriah lagi tentunya,” ucapnya.

Ia menuturkan, bahwa dengan adanya pencatatan pernikahan ini, dapat diketahui keterangan usia dari setiap pasangan sehingga dapat mencegah pernikahan dini.

Ia juga menambahkan, ini merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam penurunan stunting di Bangka Tengah,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar