oleh

57 WNI ABK MV Artania dari Australia Tiba di Jakarta

Jakarta – Sebanyak 57 WNI yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) / crew kapal pesiar MV Artania asal negara Australia, tiba di Jakarta-Indonesia. Kedatangan 57 WNI tersebut disaksikan langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan-I) Laksdya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. di Dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara, didampingi Pangkoarmada-I Laksda TNI Muhammad Ali, Danlantamal III Brigjen TNI Mar Hermanto serta pejabat aparat dari KKP dan Polri, Jumat (24/4/2020).

Pangkogabwilhan-I mengatakan bahwa 57 WNI ABK MV Artania terdiri dari 51 laki-laki dan enam orang perempuan. Semuanya, dibawa ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara, untuk menjalani proses observasi dan isolasi.

Dari 57 orang tersebut, delapan orang dinyatakan positif Virus Corona setelah menjalani rapid test yang diadakan langsung di atas kapal dan langsung dibawa menggunakan mobil ambulance menuju Wisma Atlet Kemayoran, sedangkan 49 orang dinyatakan negatif.

Menurut Laksdya TNI Yudo Margono, pemulangan WNI ini bukan yang terakhir. Pada hari Senin (27/4/2020) akan ada 349 orang WNI ABK yang akan dikembalikan ke Negara Indonesia, dan berikutnya masih banyak lagi WNI yang akan dipulangkan ke Indonesia.

Ini merupakan kegiatan percepatan penanganan Covid-19, untuk penanganan ini tidak ada penanganan khusus, namun sesuai dengan protokol yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“ABK yang tiba di Jakarta akan diisolasi atau observasi ke RS Darurat pasien Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, namun jika ABK itu tiba di Pulau Batam, maka akan diisolasi atau observasi ke Rumah Sakit Galang. Kita menyesuaikan perintah dan kita siap melaksanakan membantu penanganan isolasi tersebut,” kata Pangkogabwilhan-I.( sumber Pusat Penerangan TNI )

Komentar

Tinggalkan Komentar