oleh

 5 Kuliner Bebek Goreng Terenak di Surakarta, Dijamin Membuat Ketagihan

Surakarta – Daging ayam memanglah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Nah, ternyata selain daging ayam ada daging bebek yang juga tak kalah difavoritkan. Daging bebek yang diungkep lama dengan bumbu spesial akan menghasilkan cita rasa olahan yang begitu nikmat.

Tambah nikmat lagi, jika dipadukan dengan lalapan segar dan aneka sambalnya. Rasanya, akan tambah nikmat. Nah, di kota kelahiran Jokowi ini bisa disebut dengan “Surganya Kuliner Bebek” di sini Anda akan menemukan beragam rumah makan yang menyajikan olahan bebek. Mulai dari bebek goreng, bebek ungkep, bebek lada hitam sampai dengan bebek sangan yang jarang ditemui di kota-kota lain.

Jika Anda tengah melancong ke kota ini Anda harus datang ke wilayah Kartasura. Tepatnya di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Di sini Anda akan menemukan deretan rumah makan bebek dan ayam goreng yang menyajikan beraneka olahan bebek dan ayam. Nah, agar kamu tidak kebingungan dengan beragam rumah makan ini. Berikut ini 5 kuliner bebek dan ayam goreng terenak di Kota Surakarta

1. Bebek Goreng H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet, bagi Anda warga Surakarta atau bahkan luar Surakarta akrab dengan rumah makan ini. Restoran bebek goreng tersebut memang banyak dikenal para pencinta kuliner di wilayah Soloraya dan daerah lain.

Bebek Goreng H.Slamet Sumber gambar instagram bebekgorenghslametofficial

 

Rumah makan Bebek Goreng H. Slamet memang begitu terkenal di Indonesia. Cabangnya telah menyebar di berbagai kota di Indonesia. Pengunjungnya pun selalu ramai. Namun, siapa sangka? Sebelum menjadi sebesar sekarang restoran awalnya hanya warung kaki lima.

Bebek Goreng H.Slamet ini muncul sejak 1986, berada di tepi jalan raya di Kartasura, Surakarta. Namun, kemudian pindah ke halaman rumahnya di Sedahmoro Lor pada 1992. Nah, di rumah makan ini ada menu andalanya seperti 1 ekor bebek goreng, dada goreng, dada remuk dan lain sebagainya. Tak ketinggalan dengan sambal koreknya yang menggoda selera. Dijamin ketika menikmatinya Anda akan dibuat ketagihan. Jadi ketika tengah berkunjung ke Kartasura jangan lupa datang ke rumah makan ini.

Baca Juga  Bandara Ahmad Yani Semarang Kembali Dibuka

2.Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

Selanjutnya, mari kita bahas Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut. Olahan bebek goreng yang tidak kalah nikmat dengan sebelumnya. Rumah makan ini berada di Jl. Slamet Riyadi No. 159, Dusun III, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung, banyak pengunjung dari luar kota yang rela datang demi seporsi bebek gorengnya.

 

Bebek Goreng Pak Ndut. Sumber gambar instagram pakndutofficial

 

Nah, tahukah Anda jika ternyata Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut ini juga menjadi restoran favorit Presiden Jokowi. 2018 yang lalu, ketika beliau datang ke Singapura. Menu makan siang yang dipilih adalah menu Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut yang ada di Singapura.

Di rumah makan ini Anda akan menemukan olahan bebek yang berbeda pada umumnya. Jika biasanya olahannya hanya seputar bebek goreng. Maka, di Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut terdapat olahan mulai dari bebek sangan, bebek remuk, hingga lada hitam dan pedas manis. Olahan-olahan ini menjadi menu andalan di rumah makan ini.

Rumah makan ini mudah dikenali oleh pengunjungnya yaitu dengan penggunaan lewat cat kuning cerah. Nah, di rumah makan ini memiliki menu Bebek Sangan yang menggiurkan dan menggugah selera. Bukan hanya itu saja, olahan bebek ini juga mengurangi kandungan bebek yang ada di dalamnya. Sehingga, bagi Anda yang takut dengan olahan bebek yang banyak minyaknya. Maka, kamu harus mencoba menu ini.

Pengolahannya dengan cara disangrai menggunakan menggunakan wajan tanah liat, sehingga menciptakan bau yang khas berbeda dengan olahan lainnya. Semakin menarik dengan cara penyajiannya, disajikan di atas piring tanah liat kemudian bebek sanganya dilumuri dengan sambal sangan yang juga diolah dengan cara yang sama. Tak ketinggalan dengan lalapan segarnya. Dijamin ketika menikmati olahan ini Anda akan dibuat ketagihan. Perpaduan rasa gurihnya bebek sangan dengan pedas manis segar dari sambal sangan berhasil membuat Anda tambah nasi lagi.

Baca Juga  Polsek Sungai Gelam Tutup Arena Gelanggang Sabung Ayam

Penasaran dengan rasanya? Datang saja ke Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut di Jl. Slamet Riyadi No. 159, Dusun III, Kartasura, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

3. Bebek Goreng Bu Bibit

Ada lagi, Bebek Goreng Bu Bibit yang berada di Jl. Letjen Suprapto NO. 111, Sumber Banjarsari, Surakarta. Rumah makan ini menyediakan bebek goreng dengan cita rasa yang nikmat. Dalam penyajiannya dipadukan dengan rebusan daun papaya, mentimun, dan kacang panjang mentah. Rasanya begitu nikmat.

 

Bebek Goreng Bu Bibit Sumber instagram jajanyogya

 

Bukan hanya itu saja, jika Anda bosan dengan olahan yang ingin bervariasai maka ada tambahan menu seperti ayam, ikan sampai dengan tempe. Penasaran, seperti apa rasanya? Segera datang saja ke rumah makan ini.

4. Bebek Goreng Sari Asli

 

Bebek Goreng Sari Asli Sumber Gambar Instagram himawan.adhi

 

Masih di daerah Kartasura, ada Bebek Goreng Sari Asli yang juga memiliki cita rasa nikmat. Bebek goreng yang dipadukan dengan beragam lalapan segar, dijamin bikin Anda lapar. Bukan hanya itu saja, ada beragam pilihan lauk yang bisa dipesan. Misalnya, sate telur, ati ampela, ayam goreng dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang berminat datang saja ke Jl. Slamet Riyadi Gg. Palem Batok No.116, Dusun IV, Kartasura.

5. Bebek Goreng Pak Kabul

Bebek Goreng Pak Kabul Sumber Gambar Instargam bebek_goreng_kartasura

 

Masih seputar di Jl Slamet Riyadi, Kartasura, Surakarta. Ada lagi bebek goreng nikmat yang juga menggugah selera. Namanya, Bebek Goreng Pak Kabul. Di sini ada menu bebek goreng nikmat yang dipadukan lalapan segar. Menariknya cara penyajian sambalnya menggunakan cobek kecil yang menggugah selera.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi kuliner bebek goreng terenak di Surakarta. Jika Anda tengah berkunjung ke kota ini tidak ada salahnya untuk menjajal kuliner bebek Goreng nya. (RedG)

  • Penulis : Antika Damayanti
  • Editor : Sarwo Edy

 

Komentar

Tinggalkan Komentar