oleh

312 Posko Banser Siap Sambut Mudik Di Jateng

Semarang  – Menyambut pemudik untuk merayakan Idul Fitri 2018, Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Tengah, mengaktifkan 312 Pos Komando (Posko) Mudik Banser 2018, yang melibatkan 12.480 personel.

Sejumlah personel Banser tersebut memiliki keahlian atau terlatih dalam bantuan lalu lintas dan pertolongan pertama kecelakaan. Setiap Posko, bakal ditempatkan sekitar 40 personel tiap harinya, ditambah personel cadangan. Tiap hari dibagi 2-3 shift, dan tiap shift diterjunkan sekitar 15-20 personel.

Mereka disiagakan di tempat-tempat strategis rawan kecelakaan, terminal, stasiun, pelabuhan, masjid atau musala dan tempat wisata di sepanjang Jalur Pantura, Jalur Tengah dan Jalur  Selatan di wilayah Jawa Tengah.

“Kegiatan Posko Banser ini adalah kegiatan tahunan selama masa mudik lebaran. Tujuannya untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi berbagai hal yang timbul akibat mudik,” kata PJS Kasatkorwil Banser Jawa Tengah, Muchtar Makmun, Senin (11/6/2018).

Posko tersebut didirikan di Jalur Pantura sebanyak 117 Posko, Jalur Tengah ada 117 Posko, dan Jalur Selatan ada 78 Posko.

Jalur Pantura antaralain dari Brebes sampai Rembang, meliputi Brebes 15 Posko, Kota Tegal 4 Posko, Kabupaten Tegal 18 Posko, Kabupaten Pemalang 14 Posko, Kabupaten Pekalongan 13 Posko, Kota Pekalongan 5 Posko, Kabupaten Batang 9 Posko, Kendal 13 Posko, Kota Semarang 8 Posko, Demak 6 Posko. Kemudian Kudus 1 Posko, Pati 3 Posko, Rembang 8 Posko.

“Untuk Kabupaten Jepara tidak didirikan posko, karena pertimbangannya di daerah ini cenderung bukan jalur mudik,” kata Muchtar Makmun atau akrab disapa Naga Bonar.

Selanjutnya di Jalur Tengah antara lain Banyumas 49 Posko, Purbalingga 13 Posko, Banjarnegara 4 Posko, Wonosobo 13 Posko, Temanggung 8 Posko, Kabupaten Magelang 11 Posko, Kota Salatiga 3 Posko, Kabupaten Semarang 6 Posko, Boyolali 3 Posko, Grobogan 4 Posko, Blora 3 Posko.

Baca Juga  Uniknya  Spot Pengamatan Burung  di Danau Limboto

Di Jalur Selatan, antaralain Cilacap 12 Posko, Kebumen 18 Posko, Purworejo 13 Posko, Klaten 13 Posko, Wonogiri 3 Posko, Sukoharjo 7 Posko, Kota Surakarta 3 Posko, Sragen 5 Posko, Karanganyar 4 Posko.

“Dengan Total 312 Poskoyang melibatkan 12.480 personel di seluruh wilayah Jawa Tengah, Banser berupaya menekan dampak negatif tradisi mudik yang sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat kita,” kata Naga Bonar.

Adapun Posko Mudik Banser 2018 ini sebagian besar berbasis musala, masjid, pesantren dan kantor NU. Tiap posko menyediakan informasi lalu lintas, informasi jalur alternatif, tempat peristirahatan, tempat salat, takjil buka puasa, posko kesehatan, dan pijat gratis.

Selain itu, Banser juga menerjunkan ribuan personel Satuan Khusus Barisan Ansor Serbaguna Lalu-Lintas (BALANTAS) untuk membantu mengurai kemacetan yang kemungkinan akan terjadi.

Ditegaskan oleh Naga Bonar, Posko Banser ini bertugas sejak H-5 sampai H+5 Lebaran.

Posko Banser ini nantinya berkoordinasi terpadu dengan kepolisian dan aparat pemerintah terkait, untuk bahu membahu menjaga keamanan Perayaan Idul Fitri.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah, H Sholahuddin Aly mengungkapkan, Posko Mudik Banser ini adalah kegiatan rutin tiap tahun untuk membantu pemudik, agar nyaman dan selamat sampai tujuan.

“Kami menganggap para pemudik termasuk bagian dari orang yang jihad fi sabilillah, karena sudah jauh bekerja memikirkan rumah tangga, dan momentum Lebaran pulang menjumpai keluarga untuk bersilaturahmi. Maka kami terpanggil membantu arus mudik,” ungkap Gus Sholah.

Adapun, pada Minggu (5/11/2018) malam, Gus Sholah telah memberangkatkan tim monitoring Posko Mudik Banser 2018 dari halaman kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah di Jalan Dr Cipto, Kota Semarang.

“Untuk sahabat-sahabat Banser, kita dari GP Ansor Jawa Tengah menyiapkan hadiah. Hadiahnya adalah tiga ekor kambing, untuk tiga posko terbaik. Untuk pemudik, jangan sungkan singgah di Posko Banser,” ungkapnya.

Baca Juga  Di Hari Pelanggan Nasional, FIFGROUP Pemalang2 Peduli Posyandu

Adapun, nomor telepon darurat yang dapat dihubungi yakni Mukhtar Makmun (081334463455), Abdullah (081329879992), DR Shidqon Hamzah (08124124187).(RedG )

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar