oleh

3 Siswa Wakili Bangka Tengah dalam Kompetisi Sain Nasional

Bangka Tengah – Kebanggaan fan support bagi tiga Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) berhasil lolos seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP tingkat Nasional. Saat ini sedang berjuang secara daring di sekolah masing-masing, sejak 8 hingga 9 November 2021.

Nur hasanah siswa SMP 4 Simpangkatis dibidang matematika,  bidang IPA dari SMP 1 Koba atas nama Deva Dian Pramudya dan IPS dari SMP Dian Harapan atas nama Viunessa Brilianti Sanbowo.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Iskandar mengatakan KSN ini merupakan ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA serta yang sederajat di seluruh Indonesia, yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Siswa yang mengikuti kompetisi ini adalah siswa-siswi terbaik dari provinsi masing-masing yang telah lolos seleksi tingkat Kabupaten dan Provinsi, kata Iskandar.

Ia pun turut bersyukur atas pencapaian peserta didik asal Bateng yang berhasil lolos ke tingkat Nasional, bahkan pihaknya pun telah memberikan bonus kepada siswa yang lolos KSN SMP tingkat Kabupaten.

“Alhamdulillah ada anak kita ke tingkat Nasional, sementara itu sebagai support untuk siswa kita yang telah lolos ke tingkat nasional, Pemkab Bateng melalui Dinas Pendidikan telah memberikan bonus kepada siswa tersebut, yakni juara 1 sebesar 2 juta, juara 2 sebesar 1,5 juta, dan juara 3 sebesar 1 juta rupiah,” ungkapnya.

“Semoga sukses dan bonus serta piagam penghargaan tingkat Kabupaten yang sudah kami berikan dapat menjadikannya pemacu untuk lebih baik lagi ke depannya,” sambungnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Pembina KSN SMP Negeri 1 Koba, Kasmeri mengatakan jauh sebelum KSN SMP ini diadakan, pihaknya memang rutin melakukan pembinaan setiap harinya.

Baca Juga  Semburan Lumpur Berbau Belerang di Cirebon Semakin Membesar

“Awalnya sebelum menuju ke Nasional, kita dimulai dari tingkat Kabupaten, yang mana SMP 1 Koba mengirimkan 9 siswa dari bidang IPA, Matematika dan IPS, Selasa (9/11/2021) di Koba.

“Kemudian dari tingkat Kabupaten, kita mendapatkan juara 1 untuk IPA dan juara 5 lagi untuk IPA serta juara 3 untuk IPS, kemudian kembali berkompetisi di tingkat Provinsi dan tembus 1, atas nama Deva di tingkat nasional untuk bidang IPA,” lanjutnya.

“Sementara itu untuk pembinaan, kita ada tim khusus KSN dan membina siswa ini setiap hari, jauh sebelum jadwal perlombaan tim memang sudah membina siswa-siswa ini setelah pulang sekolah, dengan durasi 2 jam setiap harinya,” lanjutnya.

Menurut Kasmeri, dukungan Kepala Sekolah dalam memberikan fasilitas kepada anak murid sangat berpengaruh pada pengembangan minat dan bakat anak didik.

“Kuncinya adalah dukungan dari Kepala Sekolah, kemudian guru-guru yang ada di SMP 1 Koba ini, Dinas Pendidikan, doa dari semuanya, serta anak didik ini harus memiliki jiwa juang yang tinggi, ketekunan belajar yang tinggi, karena soal-soal yang diujikan bukan soal yang mudah,” tuturnya.

“Contohnya Deva ini, yang memang dari kelas 7 sudah saya bimbing sampai sekarang kelas 9 dan saya berpesan kepada Deva untuk jangan pikirkan dulu hasilnya, tapi berbuatlah sebaik mungkin, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha,” sambungnya.

Ia pun berharap apa yang anak didiknya usahakan dan perjuangkan hingga tembus ke tingkat Nasional, dapat membuahkan hasil yang memuaskan.

“Semoga ke depannya peserta didik ini, akan lebih lagi untuk bisa mengembangkan kemampuannya di jenjang yang lebih tinggi,” ucapnya.

Deva, siswa SMPN 1 mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan yang telah diterimanya.

“Bersyukur sekali pada Tuhan atas kesempatan yang telah diberikan dan merasa sangat senang, sedangkan untuk persiapannya dari awal seleksi, rutin mengikuti bimbingan dari sekolah dan belajar mandiri, serta mengurangi bermain game online juga tentunya,” ujar Deva.(RedG)

Baca Juga  Pemkab Bateng, Lepas Keberangkatan 177 Peserta, Program Mudik Gratis

 

Komentar

Tinggalkan Komentar