oleh

27 Perguruan Tinggi Islam Jawa Tengah Mengikuti Konfrensi Karya Ilmiah Dan Jalin Kerjasama di Malaysia

Kualalumpur- Empat puluh delapan orang Pimpinan dari dua puluh tujuh Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (FPTKIS) Jawa Tengah bertolak ke Malaysia dalam rangka mengikuti konfrensi Karya Ilmiah yang akan berlangsung di dua tempat yaitu Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) dan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Trengganu Malaysia. Rombongan akan berada di Malaysia selama lima hari kedepan, 16 hingga 20 maret 2023. Rombongan bertolak pada Kamis pagi,16 Maret 2023 pukul 07:00 WIB dari Bandara Internatioal Airport Yogyakarta. (YIA).

27 lembaga Perguruan Tinggi ini diantaranya, Sekolah Tinggi Agama Islam Kendal, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang, IIM Surakarta, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Universitas Sultan Fatah Demak, Sekolah Tinggi Agama Islam Pati, STAI Sufyan Tsauri Majenang, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayat Lasem, Sekolah Tinggi Agama Islam Grobogan, Sekolah Tinggi Agama Islam Brebes, Sekolah Tinggi Agama IslamAn Nawawi Purworejo, Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang, Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon Magelang, Sekolah Tinggi Agama Islam Syeikh Jangkung Pati, Sekolah Tinggi Agama Islam Purworejo, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Putra Bangsa Tegal, Universitas Darul Ulum Islam Sudirman Ungaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Ki Ageng Pekalongan, Dan Universitas Ngudi Waluyo.

Keterlibatan puluhan Perguruan Tinggi serta para pimpinan ini atas Inisiasi Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (FPTKIS) Kopertais X Jawa Tengah. Forum Perguruan Tinggi ini diketuai oleh Dr.H. Tantowi.M.S.i menggandeng International Office STIT Pemalang sebagai tim panitia penyelenggara bersama University Sains Islam Malaysia (USIM) dan University Sultan Zainal Abidin Trengganu Malaysia. Pada kesempatan ini turut membersamai Dr. Ruswan Thoyib selaku sekretaris Koordinator Perguruan Tinggi Islam (KOPERTAIS) X Jawa Tengah.

Baca Juga  Yo, Gi ke Kampoeng Kamen di Perlang

Menurut Tantowi ” event ini untuk kepentingan bersama, guna meningkatkan mutu Perguruan Tinggi dibawah naungan Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) X Jawa Tengah dan kita punya wadahnya forum FPTKIS.Dengan kolaborasi ini diharapkan dapat mencapai kemajuan bersama terutama kampus-kampus Islam Jawa Tengah. Pergaulan Internasional penting sekali dalam dunia akademisi, kita wajib membangun jaringan ini, karena ini salah satu modal dalam pergaulan global yang dapat kita tularkan kepada Dosen dan Mahasiswanya di kampus masing-masing.Sementara yang terdekat dulu tetangga kita Malaysia, dan segera kita agendakan kawasan Australia dan Eropa itu komitmen kami,” tutup tantowi.

*Disambut Atase Pendidikan Dan Kebudayaan KBRI*

Masih dihari yang sama, setiba Malaysia rombongan langsung menuju KBRI tiba pada pukul 14:30 waktu Malaysia. Rombongan disambut langsung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (ATDIKBUD) KBRI Kualalumpur, Prof.Dr. Muhammad Firdaus.Sp, serta para Staff dikantor KBRI Kualalumpur.

Selain silaturahmi dan perkenalan dari masing masing peserta yang hadir, berlangsung diskusi isu strategis seputar peluang dan kerjasama Pendidikan dua Negara yang diharapkan Atdikbud dapat menjadi jembatan agar menjangkau lebih luas kawasan Malaysia.

Kami selaku Atase sangat terbuka dalam hal kerjasama. Beberapa sekolah dibawah binaan Atdikbud serta sanggar pendidikan non formal yang dibawah kontrol Atdikbud dapat digunakan berkegiatan KKN, Magang, tutup firdaus.(Red/kml)

Komentar

Tinggalkan Komentar