Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh dalam Majelis Dzikir dan Sholawat Nariyah di Kantor PCNU Kabupaten Karanganyar, Rabu malam (16/9/2020).

Temanggung – Salah satu rangkaian kegiatan Gebyar Muharam 1442 H, Badan koordinasi (badko) Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Kabupaten Temanggung menggelar kegiatan 1001 Kali Khotmil Quran.

“Kegiatan pembacaan ini dimulai pada malam 1 Suro atau Muharam lalu oleh santri dan ustadz-ustadzah TPQ se Kabupaten Temanggung dan dipuncaki hari ini sampai 1001 kali khotmil Alquran 30 juz,” kata Ketua Badko TPQ Kabupaten Temanggung H. Mahsun, M.S.I, Kamis (17/9/2020).

Kegiatan puncak ini terlaksana di Pendopo Pengayoman Temanggung yang mengundang banyak elemen. Selain unsur Badko TPQ, panitia juga mengundang Bupati, Kepala DPRD Temanggung, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Temanggung, Kepala Kankemenag Temanggung, Kasi Kesra Temanggung, Ketua BAZNAS Temanggung, MUI, PCNU dan PD Muhammadiyah Temanggung.

“Tujuan 1001 Kali Khotmil Quran ini adalah dalam rangka membumikan Alquran. Selain pembelajaran Alquran, inti TPQ kan sebagai corong dakwah melalui Alquran,” kata Mahsun.

Selain itu, lanjut dia, juga membentuk karakter guru dan santri untuk bermental qurani dalam menghadapi era new normal.

“Di era new normal ini, melakukan protokol kesehatan bukan berarti takut pada covid-19 tapi sebagai bentuk menaati ulil amri. Untuk terbebas dari covid-19, kita kan dituntut usaha lahir, namun juga ikhtiar batin untuk membebaskan Indonesia dari wabah covid-19 salah satunya kami lakukan lewat berkah bacaan 1001 khotmil quran ini,” tegas dia.

Sebagai puncak khotmil quran, dalam kesempatan itu dibacakan doa khotmil quran oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung KH.Ahmad Mukhdzir, S.Ag., M.M.

Selain 1001 Kali Khotmil Quran, dalam rangkaian kegiatan Gebyar 10 Muharam 1442 H itu juga digelar Penganugerahan Lomba Video Inovasi Guru dan Kreativitas Santri TPQ serta Launching Buku Bahan Ajar TPQ. (RedG).

Tinggalkan Balasan