Pacitan- Jargon TNI kuat bersama rakyat tidak akan pernah hilang bukan hanya perang saja tapi TNI juga bersinergi dalam tugas penanggulangan permasalahan Covid-19.

Seperti yang di lakukan oleh TNI AD. Kodim/0801 Pacitan, Jawa timur.Yang sudah melaksanakan Apel Satgas Penanganan Covid-19 pada pagi hari ini dalam rangka melaksanakan tindak lanjut kegitan dari satuan atas.

Tugas ini adalah tugas perbantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan, dengan membantu menciptakan pemulihan ekonomi, namun dalam pelaksanaannya harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M. Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak.

Pasalnya dalam pelaksanaan tugas perbantuan.TNI sebagai komando kewilayahan tetap berinduk kepada pemerintah.Dalam menangani penegakan disiplin serta mengutamakan dengan cara pendekatan yang persuasif dan hindari tindakan yang bersifat fisik.

“Ini adalah apel gabungan dari seluruh jajaran,baik staf maupun Koramil dari jajaran Kodim 0801 Pacitan.dalam rangka penegakan protokol kesehatan covid-19 di wilayah Kodim 0801 Pacitan. Kegiatan ini adalah yang pertama pengecekan kesiapan, menindaklanjuti arahan pimpinan atau memberikan atensi pimpinan yang telah di berikan kepada kami dan di sampaikan kepada seluruh anggota tentang update terkini dari pimpinan agar tugas dapat berjalan dengan baik,” katanya, Senin 14/9/2020.

Tidak sendiri TNI/Kodim 0801 juga melakukan patroli penegakan kesehatan bersama beberapa unsur Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait juga ikut berperan dalam program tersebut.

“Sebenarnya tugas ini sudah berjalan setiap hari,ada patroli penegakan kesehatan,di tempat-tempat publik ada 30 titik yang menjadi sasaran,dan kita juga bekerjasama dengan Polri,Satuan Polisi Pamong Praja kemudian BPBD, Kesehatan dan dinas-dinas terkait dan masyarakat dalam rangka penegakan protokol kesehatan bebas covid-19 di Pacitan,” jelas Nuri Wahyudi.

Komandan Kodim 0801 pacitan.ini juga berharap agar masyarakat pacitan bisa semakin sadar dan bisa membentengi diri dari virus corona.serta mewanti-wanti agar selalu melakukan 3M.

“Harapannya tentu nya dengan penegakan aturan protokol kesehatan ini masyarakat semakin sadar untuk mencegah dan membentengi dirinya, menyelamatkan dirinya dan juga orang lain dengan melakukan protokol kesehatan baik itu dengan memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak agar kita terhindar dari Covid-19,” harapnya.( * )

Tinggalkan Balasan