Klaten- Babinsa Desa Jonggrangan Koramil 24/Klaten Utara Kodim 0723/Klaten, Serda Budi menghadiri sosialisasi hasil peninjauan situs Mbah Gempur di Balai Desa Jonggrangan, Kamis (10/09/20).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gunadi Team Balai Arkeologi Yogyakarta, Disparbudpora Bidang kebudayaan Sussy SH.MH, Kepala Desa Jonggrangan Sunarno SE, dan sesepuh warga Desa Jonggrangan.

Dalam kesempatan itu Gunadi menyampaikan kajian akademis dan kebudayaan. Hasil temuan sementara materi situs cagar budaya Mbah Gempur yang berlokasi di Dukuh Belang Kulon, Desa Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara, berada di tanah kas Desa Jonggrangan dan tanah hak milik warga.

Situs Mbah Gempur berbahan andesit dan batu bata dan berpotensi untuk diteliti lebih lanjut atau penggalian.

Dalam sosialisasi juga diadakan sesi tanya jawab dari balai arkeologi terhadap terhadap sesepuh warga sekitar untuk menggabungkan kepingan cerita tentang situs Mbah Gempur karena keterbatasan pengetahuan dari Balai Arkeologi.

‘Situs Candi tersebut berlatang agama Hindu walapun bangunannya sebagian besar menggunakan batu bata merah, namun ada beberapa unsur bangunan yang terbuat dari batu adesit seperti arca yang sudah tidak ada kepalanya, Arca tersebut di nilai cukup unik,” ungkap Gunadi.

Serda Budi akan selalu menghimbau dan mengajak warganya yang berada di dusun tempat di temukannya Situs Mbah Gempur tersebut untuk selalu menjaga dan ikut merawat serta melestarikanya yang merupakan salah satu peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Klaten.(red)

Tinggalkan Balasan