Maulin Ni'am Memimpin FGD

Pemalang- Forum Indonesia untuk Transparasi Anggaran (Seknas FITRA) bekerjasama dengan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia menyelenggarakan program Pelembagaan Akuntabilitas Sosial dengan kegiatan FGD Pelembagaan Akuntabilitas Sosial di Pendopo Kecamatan Belik, beberapa minggu yang lalu kamis (27/08/2020).

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut program yang sudah dilakukan sejak Agustus 2019 yaitu Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) dan Pekan Pengaduan dan Aspirasi (PPA)di Kabupaten Pemalang. Kegiatan FGD tersebut dihadiri oleh PTPD Kecamatan Belik dari Kasi Tatpem dan PMD, PD dan PLD, BKAD, pendamping Kecamatan, perwakilan dari kepala Desa dan BPD 3 Desa dampingan lama dan Baru yaitu Desa Sikasur, Belik, Kuta, Beluk, Gunung Tiga dan Gunung Jaya.

Pada acara inti FGD yang dipimpin oleh Koordinator Lokal FITRA Maulin Ni’am dibuka dengan arti dari akuntabilitas hingga menyampaikan 4 pilar akuntabilitas sosial yaitu, adanya asas informasi, kelompok masyarakat yang aktif, pemerintah yang responsif dan kesesuain dengan sosial budaya. FGD Pelembagaan Akuntabilitas Sosial ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama dan kolaborasi kerja antar pihak dalam pelembagaan akuntabilitas sosial pemerintahan desa. Sekaligus memperkuat fungsi BINWAS Kecamatan.

Merujuk pada Peraturan Bupati Pemalang 31/2019, Camat memiliki peran penting dalam pembinaan dan pengawasan (BINWAS) pemerintahan desa. BINWAS Pemerintahan Desa bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa yang terencana, terpadu, efisien, efektif, akuntabel, dan transparan. Pada pasal 4, pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa menjadi kewenangan camat melalui berbagai program kegiatan fasilitasi antara lain Pembelajaran Mandiri Aparatur Desa, fasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi BPD, fasilitasi penyusunan perencanaan pembangunan partisipatif. Dalam pelaksanaan fungsi BINWAS, Camat dibantu oleh tim Pembina Teknis Pemerintah Desa (PTPD) maupun pendamping desa, ungkap Maulin Ni’am

Menurut Camat belik yang Di wakili oleh Kasi Pemerintahan Suyitno bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk membantu kemajuan Desa,selain itu juga kegiatan FGD ini tidak hanya dilakukan beberapa Desa melainkan seluruh Desa di Kecamatan Belik. Harapanya baik PTPD mapun PD PLD dan Pendamping Desa bersama-sama terlibat dalam kegiatan yang ada di Desa.(Red/G).

Tinggalkan Balasan