Solo-SOLOPEDULI menggiatkan kembali menanaman pohon produktif di asrama penerima beasiswa perguruan tinggi. Penanaman pohon produktif kali ini berupa pohon anggur lokal dan ekspor. Puluhan tanaman anggur ini merupakan wakaf dari Komunitas Anggur Plat Apad Soloraya. Penanaman serentak dilakukan pada Selasa (8/9).

”Pagi ini komunitas anggur Plat Apad Soloraya melakukan penanaman anggur di Asrama SOLOPEDULI, Ada beberapa varian anggur, ada Ninel, Tran, Isabella. Mudah-mudahan bisa hidup semua dan bisa panen. Harapannya Wakaf anggur di pesantren ini ke depannya bisa memberdayakan mahasiswa penerima beasiswa SOLOPEDULI, juga menjadi percontohan masyarakat sekitar untuk menanan sehingga bisa juga untuk menambah penghasilan, bisa panen anggur di rumah masing-masing. Harapannya juga ke depan bisa mensupply pasar,” jelas Ketua Komunitas Anggur Plat Apad Soloraya, Arif Hery Sukarno.

Asrama mahasiswa (khusus putra) SOLOPEDULI yang terletak di Jl Raya Solo Kartasuro Km 8, Tegalsari, Kertonatan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo ini diisi oleh para penerima beasiswa perguruan tinggi khusus putra. Sedangkan asrama mahasiswa putri berada di Jl. Padjajaran Barat I No. 55 Sumber, Banjarsari, Surakarta

Pohon-pohon anggur tersebut ditanam di kebun asrama putra. ”Sangat senang bisa menanam anggur di asrama, selain bisa mengisi waktu luang disini, saya juga bisa belajar bagaimana budidaya buah anggur, kalau nanti hasil panen-nya bagus dan banyak yang minat, saya akan mengembangkan budidaya anggur di kampung halaman sendiri, insya Allah,” salah satu mahasiswa yang menanam pohon anggur, Adam Aryo Gumilar (22). Semenjak covid, mahasiswa yang sedang kuliah di IAIN Surakarta ini lebih giat menanam pohon dan sayuran diwaktu luang.

”Kami menyampaikan terimakasih kepada Komunitas Anggur Plat Apad Soloraya yang telah mewakafkan pohon anggur. Pohon anggur ini sangat bermanfaat baik untuk mahasiswa penerima beasiswa, maupun untuk warga sekitar. Penanaman pohon anggur ini menjadi salah satu sarana pembelajaran dalam budidaya pohon produktif, ke depan akan terus kami kembangkan sehingga semakin luas masyarakat yang ingin menanam dan meningkatkan perekonomian,” jelas Direktur Utama SOLOPEDULI, Sidik Anshori saat ditemui di kantor Pusat SOLOPEDULI di Komplek Griya Smart Bdi Jl. Tentara Pelajar Pelajar, Jetak, Bolon, Colomadu, Karanganyar. SOLOPEDULI merencanakan budidaya pohon anggur di wilayah Soloraya.(red)

Tinggalkan Balasan