tahap pertama yang dilakukan saat ini ada 150 prajurit dari kodim 0710/pekalongan yang mengikuti Swab Test Covid -19 dan selanjutnya akan dilakukan hal serupa pada tahap selanjutnya

Kota Pekalongan – Mobil Laboratorium PCR milik provinsi Jawa Tengah, sudah terparkir  di halaman makodim 0710/Pekalongan. Beberapa petugas dengan baju Hazmat telah siap melakukan test Swab bagi ratusan personel Kodim 0710/Pekalongan, Selasa(8/9/2020)

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi hamonangan Lumban Toruan, S.I.P, mengatakan Swab Test Covid-19 yang dilaksanakan guna mendukung program pemerintah dengan melakukan pencegahan dini di lingkungan para prajuritnya guna menekan penyebaran virus korona.

“ Kita mendukung program pemerintah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan Swab Test Covid-19 ini kita lakukan kepada seluruh prajurit Kodim 0710/Pekalongan untuk mendeteksi dini dan mencegah penyebaran covid-19”, jelas Dandim.

Lebih lanjut  Hamonangan menambahkan, bila nanti hasilnya ada yang positif maka akan di ambil tindakan sesuai dengan protokol kesehatan dengan melaksanakan karantina mandiri dan upaya pencegahan lainya.

Kepala Seksi Pelayanan dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Alya Wijayanti mengungkapkan bahwa dengan mobil PCR ini teknisnya swab diambil dan diperiksa di dalam mobil. Hasil bisa diketahui beberapa jam setelah swab, 8 sampel keluar hasilnya 40 menit.

“Hari ini ada 150 orang yang swab, tidak semua kami periksa di mobil. Sebanyak 56 sampel langsung kami periksa di mobil dan hasilnya langsung bisa diketahui. Sisanya kami bawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda),” terang Alya.

Untuk tahap pertama yang dilakukan saat ini ada 150 prajurit dari kodim 0710/pekalongan yang mengikuti Swab Test Covid -19 dan selanjutnya akan dilakukan hal serupa pada tahap selanjutnya.(RedG/rus)

 

Tinggalkan Balasan