Wonogiri- Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang dari bumi Nusantara ini, khususnya di wilayah Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri, akan tetapi tidak membuat semangat seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Sumberejo patah arang untuk terjun di tengah-tengah masyarakat binaanya.

Seperti yang dilakukan Sertu Ali Imran yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa Sumberejo Koramil 10/Wuryantoro Kodim 0728/Wonogiri terjun langsung ke sawah membantu Kelompok Tani (Poktan) Eko Manunggal melaksanakan panen padi di Desa Sumberejo Kecamatan Wuryantoro. Minggu (6/9/2020).

“Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memotivasi semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan oleh pemerintah. TNI Angkatan Darat memerintahkan satuan jajaran Kodim terutama para Babinsa agar selalu terjun ke lapangan dan berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugas di lapangan sehingga dapat berjalan dengan lancer”, jelas Danramil 10/Wuryantoro Kapten Inf Joko Susilo.

“Untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target, Babinsa selalu memberikan pendampingan secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses,” tambah Danramil.

“Sertu Ali Imran turut menjelaskan. Seorang Babinsa yang fungsi dan tugasnya melakukan pembinaan di Desa/Kelurahan sekaligus melakukan bimbingan terhadap kelompok tani, maka ia harus terjun aktif dalam memberikan pendampingan kepada kelompok tani, sehingga masyarakat petani betul betul merasakan manfaat dari kehadiran Babinsa ditengah tengah masyarakat, diharapkan kedepan Babinsa terus bersinergi dengan masyarakat dan kelompok tani agar pencapaian hasil panen terus meningkat”, tutupnya.

Diketahui memanen padi jenis Ciherang dengan Luas sawah 4 Hektar milik Suradi mendapat hasil panen 3,5 ton. Sebelum melkasakan Kegiatan ini, Babinsa juga menerapkan Protap Protocol Kesehatan Covid-19. (red)

Tinggalkan Balasan