Kabupaten Pekalongan- Muhamad Kafin Al Karim, salah satu peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN T) Universitas PGRI Semarang melakukan bimbingan belajar secara gratis kepada siswa SD di Desa Gondang RT 01 RW 01 Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan.

Menurut Muhamad Kafin, Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi banyak aspek, salah satunya aspek pendidikan. Pemerintah mencari solusi agar anak-anak tetap bisa mendapat pendidikan, solusi yang didapat adalah dengan memberlakukan sistem belajar dari rumah atau sekarang disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Banyak orang tua yang mengeluhkan sistem tersebut, karena dirasa sangat sulit. Orang tua harus berkerja namun dilain sisi orang tua harus mendampingi anak belajar dari rumah. Terutama siswa SD karena dalam belajar siswa SD harus benar-benar didampingi.

“Program ini bertujuan untuk siswa SD dapat belajar dengan baik dan maksimal seperti saat belajar disekolah. Dengan cara membentuk kelompok belajar kecil. Selain pendampingan belajar, siswa juga diberikan edukasi kebiasaan baru seperti penggunaan masker, cuci tangan, dan jaga jarak, “ kata Muhamad Kafin, Minggu (6-9-2020) siang.

Tidak hanya itu saja, kata Muhamad Kafin, pembelajaran ini juga dia menyediakan fasilitas internet secara gratis bagi anak –anak yang sedang mengerjakan tugas secara online.

”Pendampingan ini pembelajaran dari sekolah dan juga saya menyediakan layanan internet secara gratis dan menyediakan 1 laptop untuk anak-anak yang ingin belajar,” ujar dia.

Kegitan yang dilakukan oleh Muhamad Kafin ini mendapatkan respon positif dari salah satu orangtua siswa. Salah satu orangtua siswa, Nur Cholifah mengatakan, semenjak adanya program pendampingan belajar dari mahasiswa KKN bahwa dirinya dapat fokus bekerja.

“Alhamdulillah mas, adanya program pendampingan belajar saya bisa fokus bekerja dan tidak khawatir anak saya belajarnya ngawur. Saya berharap kegiatan seperti ini akan terus ada walaupun kegiatan KKN telah selesai agar membantu siswa tetap rajin belajar dengan baik dan semangat belajar di rumah, “ungkap Nur. (RedG/ Dicky Tifani Badi)
.

Tinggalkan Balasan