Sragen- Anggota DPR RI, Luluk Nur Hamidah mensosialisasi empat pilar MPR RI di sekretariat PCNU Kabupaten Sragen, Jawa Tengah belum lama ini.Politisi yang akrab disapa Mbak Luluk tersebut mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR RI.

“Empat pilar yang dimaksud yakni Pancasila yang merupakan pondasi hidup kita sebagai ideologi bernegara, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai dasar konstitusi bernegara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara berdaulat, dan Bhineka Tunggal Ikha sebagai filosofi keberagaman,” beber Mbak Luluk.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para para banom-banom NU Kabupaten Sragen, diselenggarakan dengan protokol kesehatan Covid-19 yakni semua peserta diwajibkan cuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu tubuh, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.

Anggota Komisi IV DPR RI itu menerangkan, sosialisasi 4 pilar dilakukan untuk menyelaraskan antara pengetahuan materi dan implementasi nilai yang terkandung di dalamnya.

“Peta di luar itu perlu jawaban, bahwa Pancasila itu sebagai dasar negara harus menjadi moral individu dan negara. Karena banyak yang hanya baru mengenal istilah Pancasila, tapi operasionalnya itu belum nyambung. Pengurus partai dan para kader ini kan nanti ada di lapangan. Sosialisasi ini menjadi bekal untuk menghadapi polemik di masyarakat,” terang Mbak Luluk.

“Misalnya saat menghadapi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang mengalami mutasi ekonomi ke bawah. Tadinya orang mampu mungkin kini tidak mampu, yang tadinya miskin jadi sangat miskin. Maka itu, kita harus ambil bagian turut membantu bergotong royong meringankan beban saudara kita dengan kemampuan yang kita miliki,” tutup Mbak Luluk.(red)

Tinggalkan Balasan