Semarang – Dimasa pandemi covid-19, dosen Universitas Diponegoro yang di pandegani Dr Siswo Sumardiono,ST,MT dengan anggota Dr. Oky Dwi Nurhayati, ST,MT dan Ir. Isti Pudjihastuti,MT melakukan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program pengabdian masyarakat dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna.

Dalam kegiatan pengabdian ini Tim melakukan pelatihan dan pendampingan prosedur pengoperasian dan perawatan alat juice extractor yang merupakan sumbangan dari tim pengabdian agar dalam penggunaannya dapat memberikan keamanan dan kelancaran selama proses produksi.

Tim melaksanakan kegiatan tersebut di Kota Semarang pada UKM Atlas Herbal yang memproduksi bermacam minuman herbal serta beberapa produk makanan lezat bergizi. Saat ini masalah utama yang dialami oleh UKM adalah pada proses pemasaran, karena penjualan dilakukan masih secara sederhana secara door to door (antar teman-teman, tetangga) sehingga produktivitas sulit ditingkatkan apalagi dengan adanya pandemi covid 19 banyak pelaku bisnis yang gulung tikar.

Adanya program Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat , tim PKUM memberi pendampingan berupa pembuatan web E-commerce pada UKM Mitra agar penjualan/ pangsa pasar produk Atlas Herbal dapat meningkat dan diminati konsumen luar daerah Semarang sehingga dapat memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang lebih luas. Selain itu web E-commberce dapat mempermudah proses penjualan dan pembelian secara online tanpa harus bertatap muka antara pembeli dan penjual. Web E-commerce juga memudahkan penjual ketika akan mempromosikan produk baru yang dimiliki baik ke pembeli maupun reseller. Dengan adanya web E-commerce Tim pengabdian juga berharap dapat memperkuat dan menumbuhkan kemampuan inovasi dan implementasi IPTEK bagi perguruan tinggi dalam menggali dan meningkatkan kualitas produk UKM di daerah-daerah serta membangun hubungan antara perguruan tinggi dengan masyarakat yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan daya saing usaha kecil menengah dengan produk unggulan di daerah setempat. (RedG)

Tinggalkan Balasan