Solo-BRM Kusumo Putro SH.MH, tokoh masyarakat Kota Solo mengajak warga Kota Bengawan untuk selalu menjaga suasana kondusif. Hal tersebut dikemukakannya lewat percakapan pesan singkat, Kamis ( 3/9 ).

“Marilah kita sebagai warga kota solo selalu menjunjung tinggi sikap penuh kedamaian dan mengedepankan kekeluargaan sebagai sesama warga yang hidup di Bumi Surakarta Hadiningrat,” ujarnya.

Kusumo menghimbau agar warga Kota Solo bersama bersatu padu menolak segala provokasi yang menghancurkan kerukunan, kedamaian dan ketenangan di masyarakat.

“Mari hilangkan semua sikap Intoleran serta radikalisme dengan mengangkat kembali nilai – nilai budaya yang adi luhung warisan leluhur, karena pola pedekatan budaya yang berbasis kearifan budaya lokal merupakan alat pemersatu dalam kebhinekaan bagi kehidupan warga Kota Solo,” bebernya.

Dia menambahkan kearifan lokal warga Kota Solo merupakan budaya yang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu, bahkan sebelum Republik ini berdiri dengan menghargai sikap toleransi, saling menghargai dan menghormati, terbuka dan berdialog, sopan dan santun dalam bertutur kata dan perbuatan.

“Hal ini perlu dikembangkan di masyarakat demi mewujudkan kedamaian di Kota Solo dan di seluruh Negeri Indonesia yang kita cintai, salam Kota Solo damai dan berbudaya,” tutupnya.( Red )

Tinggalkan Balasan