Banjarbaru-Selama sekitar 1 bulan yang bertempat tinggal di asal kampungnya itu dengan beragam kegiatan. Program kerja yang utama sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya saat kuliah ini, yaitu desain komunikasi visual berupa Perancangan Media Promosi Kampung Iwak Mentaos. Tujuan dari kegiatan ini untuk mempromosikan Kampung Iwak sebagai kampung wisata melalui media cetak dan media digital.

Program kerja KKN Daring ISI Surakarta tahun ini sangat berbeda baik regulasi dan pelaksanaannya dikarenakan dampak Covid-19, dimana salah satu mahasiswa, M Shafrizal Fajar Maulana, mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta angkatan 2017 yang melaksanakan KKN di Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos ini memang telah lama dikenal dengan budidaya ikan air tawar dan dulunya disebut sebagai kampung mandiri perikanan.

Sebagai penanggung jawab Desa Wisata Kampung Iwak yang juga Kepala Kelurahan, yaitu Ahmad Rifa’i, SE menjelaskan bahwa pertumbuhan dan peningkatan ekonomi lokal di kampung ini berpotensi meningkatkan pendapatan serta memberdayakan masyarakat di sektor kewirausahaan bidang perikanan.

Kegiatan KKN dimulai antara tanggal 10 Agustus – 30 Agustus 2020 ini dikondisikan dalam masa pandemi ini sehingga program kerja KKN tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rancangan desain promosi yang untuk diimplementasikan berupa desain poster, media poster lewat Instagram, dan merchandise.

M Shafrizal Fajar Maulana, Selasa (2/9) menjelaskan rancangan desain komunikasi visual yang dibuatnya disesuaikan dengan karakter dan tema lokasi di daerahnya. Desain posternya untuk pelatihan budidaya perikanan, sedangkan desain medsos Instagram untuk template postingan acara, dokumentasi, dan konten wisata Kampung Iwak. Selanjutnya rancangan merchandise itu berupa totebag (goodiebag), mug, gantungan kunci dan t-shirt.

Diharapkan dari program kerja KKN Daring ISI Surakarta dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Nuryanto, S.Kar., M.Sn
(Dosen Prodi Seni Tari) menegaskan bahwa setiap program kerja dapat diterapkan sehingga mampu meningkatkan promosi kampung wisata dan meningkatkan kesejahteraan bagi warga Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.(red)

Tinggalkan Balasan