Pati- Mahasiswi KKN universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Oneku Hinarsyah Adinda Dewi memberikan pelatihan inovasi pembuatan hand sanitizer berbahan dasar herbal, daun sirih dan lidah buaya. Pelatihan yang digelar secara Daring (Dalam Jaringan) dan Luring (Luar Jaringan) di Dukuh Kebat Rt 01 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati.

Ia mengatakan, alasan memilih bahan daun sirih dan lidah buaya karena tumbuhan apotek hidup ini sering dijumpai sekitar rumah warga.

Oneku ingin memanfaatkan tumbuhan itu menjadi alternatif pembuatan hand sanitizer di rumah.
“Saat harga hand sanitizer di pasaran melambung tinggi. Kita sebagai masyarakat tidak boleh panik berlebihan, yang perlu kita lakukan yaitu wapada dan mengantisipasi menjaga kesehatan pribadi, keluarga dan orang di sekitar kita,” katanya, Senin (31-8-2020).

Pelatihan yang secara Luring, kata Oneku, wajib mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan cuci tangan. Oneku juga membagikan masker untuk para peserta pelatihan pembuatan hand sanitizer tersebut.

“Sebelum kegiatan di mulai ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini insyaallah sehat semua.

Sebelum masuk, ibu-ibu wajib cuci tangan , pakai hand sanitizer , dan pemberian masker langsung di pakai sebelum masuk ke rumah jadi lebih efektif pelaksanaanya,” ujarnya.

Pelatihan ini juga diunggah secara daring seperti Instagram, Facebook, dan Youtube.

Pelatihan ini bisa diakses pada akun Instagram @ dindakkntcovid19, Facebook Nda dinda, dan Youtube Oneku Hinarsyah Adinda Dewi.

Dikatakan Oneku, pelatihan ini juga mendapatkan respon bagus dari masyarakat tempat tinggal Oneku.

“Bahkan pada saat kegiatan ini berlangsung ada saut ibu – ibu yang berkata “jadikan hand sanitizer sebagai alat untuk menemani diri kita saat ghibah jangan jadikan Covid-19 sebagai alasan untuk kita tidak akur dengan tetangga”. Kita bisa melalukan kegiatan apa saja di tengah pandemi seperti ini asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan serta menjaga satu sama lain dengan cara mengingatkan selalu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terhindar penularan pagebluk tersebut, “tandasnya.

Ayo nonton cara pembuatan hang sanitizer ala salah satu mahasiswi PGSD UPGRIS.
youtu.be/RiiVCvOPb8U
(RedG/Dicky Tifani Badi)

Tinggalkan Balasan