Purworejo – Janda di tangan Bagus Setiyono yang akrab di sapaan Om Bagus Opel warga RW 13 RT 03 Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jateng, mampu di kreasi dan olah menjadi bahan menarik vdan mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Janda ini merupakan limbah kayu Jati Belanda (janda) yang merupakan sisa produksi yang tidak terpakai. Adanya kecintaannya terhadap seni membuatnya menekuni kerajinan tangan dari kayu tersebut hingga meraup keuntungan yang cukup tinggi.

“Bahan baku dari limbah kayu tersebut bisa dijadikan beberapa jenis produk. Kami membeli bahan baku biasanya Rp 14 ribu sampai Rp100 ribu per batang kayu sebelum dijadikan kerajinan,” kata Bagus di bengkel kerjanya yang di beri nama Opel Wood Crafts di Jln KH Ahmad Dahlan No 15b.

Dari limbah kayu tersebut, diproduksi menjadi dekorasi manten, kotak mahar, kursi berbagai ukuran, lemari, rak buku, jam dinding dan lain sebagainya dengan harga yang variatif dari beberapa jenis kerajinannya.

“Kami juga menjual hasil produksi seperti satu bangku seharga Rp150 ribu, kalau lemari kami jual Rp1,7 juta sampai Rp4 juta dari beberapa jenis,” imbuhnya. Dari hasil produksi tersebut, Bagus menjual hingga ke luar kota, seperti Jogja, Magelang bahkan sampai jakarta. (RedG/alwin kamal)

Tinggalkan Balasan