Wonogiri – Di tengah pandemi Covid-19 Kodim 0728/Wonogiri menyadari perlu memberdayakan masyarakat mandiri dan sejahtera, tidak sekadar kebersamaan, namun lebih kepada ikatan emosional yang kuat antara TNI dan rakyat.

Terkait hal tersebut, Staf Teritorial Kodim 0728/Wonogiri menggelar Bakti Sosial Pemberdayaan Masyarakat TA 2020 untuk masyarakat bersama pemuda Pokdarwis dengan menanam akar wangi bertempat di lingkungan goa resi Dusun Nglarang Desa Conto kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri, Kamis (27/8/2020) kemarin. Kegiatan tersebut mengambil tema “Peran TNI Mewujudkan, Memberdayakan Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera”.

Ketua Pokdarwis (kelompok sadar wisata) Asep menyampaikan, tujuan dari penanaman bibit akar wangi guna mencegah terjadinya longsor di musim penghujan, karena lokasi di sekeliling goa resi berada di perengan jadi sangat tinggi resiko terjadi nya longsor.

Asep pun menambahkan, dari hasil panen akar wangi tersebut dapat di buat kerajinan tangan yang di olah oleh anggota kelompok sadar wisata Desa Conto dan di pasarkan sampai keluar wilayah.

Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, S.Ag.,M.Pd menyampaikan terima kasih kepada pemuda yang tergabung dalam Podarwis Desa Conto, yang begitu antusias mengikuti kegiatan kali ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membuka komunikasi dengan masyarakat serta mewujudkan peran TNI dalam memberdayakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” ungkapnya.

Kegiatan diawali dengan memberikan sosialisasi kepada pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata dilanjutkan dengan kegiatan menanam bibit akar wangi dan melihat pembuatan kerajinan tangan hasil panen akar wangi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, S.Ag.,M.Pd, Pasiter Kapten Inf Moch. Sambudi, Danramil 21/Bukukerto Kpt Arm Agus Setyono, Sekdes Conto Karman, Kaurkesra Hari, Tomas Desa Conto Warsito, Ketua Podarwis Asep, anggota Koramil 21/Bulukerto serta anggota Kelompok Sadar Wisata. (Red)

Tinggalkan Balasan