Solo- “Mobil kami harus berhenti di suatu tempat, kemudian kami dijemput kendaraan roda dua oleh anggota keluarga menuju rumah calon mahasiswa baru, karena akses jalan menuju rumah tidak bisa dilewati mobil,” Begitu kata Widodo, salah seorang petugas dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang melakukan home visit pada calon mahasiswa baru penerima beasiswa KIP-Kuliah, yang dulu dikenal beasiswa bidikmisi, Minggu (23/8).

Lantaran rumah yang dikunjungi cukup banyak serta medan cukup jauh dan sulit, Widodo dan rekannya Sri Welas Asih, pulang cukup larut.

“Salah satu rumah calon mahasiswa baru yang kami kunjungi itu benar benar plosok daerahnya, yaitu di Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar, yang berbatasan dengan Jawa Timur,” kata kabag keuangan Unisri itu.

Wakil rektor bidang kemahasiswaan, kerja sama dan alumni Dr Sutoyo mengatakan, dalam sepekan ini beberapa tim yang dibentuk Unisri melakukan home visit atau kunjungan ke sejumlah rumah orang tua atau wali calon mahasiswa baru. Kunjungan itu untuk wawancara dan melihat langsung rumah, memastikan kondisi ekonomi serta keseriusan orang tua dalam menguliahkan anaknya.

Sedang wawancara dengan para calon mahasiswa penerima beasiswa, sudah dilakukan sepekan sebelumnya di kampus. Untuk calon mahasiswa dari luar Jawa, tidak ada home visit dan wawancara dengan orang tua atau calon mahasiswa dilakukan secara virtual.

“Home visit dan wawancara dengan orang tua dan calon mahasiswa itu penting, agar beasiswa KIP-K yang disalurkan tepat sasaran,” kata Sutoyo.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada 278 calon mahasiswa baru yang mendaftar program beasiswa KIP Kuliah di 14 program studi dari sekitar seribu pendaftar di Unisri. Di samping beasiswa bidikmisi atau KIP-Kuliah, di Unisri juga terdapat berbagai beasiswa bagi calon mahasiswa baru. Seperti beasiswa dari Bank Indonesia (BI), beasiswa BPMKM, serta PPA dan BBM.

Selain menyediakan banyak beasiswa, seluruh mahasiswa yang kuliah di Unisri juga diasuransikan. ” Masih membuka pendaftaran bagi calon mahasiaqa baru di Unisri, hingga september bulan depan,” kata
dia.(*)

Tinggalkan Balasan