Surakarta-Komandan Skadik 402 Lanud Adi Soemarmo Mayor Lek Rumanto Gunardi mewakili Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M. menerima kedatangan Tim Ditjiandik Kodiklatau yang diketuai Paban II/Evalbangdik Ditjian Kodiklatau Kolonel Nav Agus Priyanto, S.E., M.M. pada acara Evaluasi Komponen Pendidikan di Skadik 402 dan Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo, bertempat di ruang rapat Skadik 402, Selasa (25/8).

Komandan Lanud Adi Soemarmo dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Skadik 402 menyampaikan bahwa komponen pendidikan memegang peranan penting dalam proses pendidikan, karena saling berinteraksi antara satu dengan lainnya.

Terkait hal tersebut, sebagai penentu kesuksesan dari pendidikan adalah penerapan sepuluh komponen pendidikan yang meliputi : kurikulum pendidikan, paket instruksi, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, alins/alongins, fasilitas pendidikan, metode, evaluasi hasil belajar dan anggaran pendidikan.

“Dalam pelaksanaan komponen pendidikan perlu diadakan evaluasi sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus dapat bermanfaat dalam memberi informasi yang tepat sebagai dasar membuat kebijakan dan keputusan serta menilai hasil yang dicapai para peserta didik,” demikian ungkap Danlanud.

Lebih lanjut Komandan Lanud menekankan kepada para peserta, agar berpartisipasi dan bekerja sama, sehingga pelaksanaan evaluasi komponen pendidikan ini dapat berjalan lancar. Gunakan kesempatan ini untuk saling berinteraksi sehingga akan tercapai tujuan pendidikan yang baik.

Disisi lain Ketua Tim Ditjiandik Kodiklatau dalam sambutannya mengatakan bahwa permasalahan agar disampaikan apa adanya, untuk selanjutnya akan diadakan survey kepuasan konsumen jajaran pendidikan.

Diakhir sambutannya Ketua Tim juga menyampaikan akan diterapkan sertifikasi profesi yang bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi sehingga ketrampilan profesi mendapat pengakuan dari pihak sipil.

Dalam acara tersebut dilaksanakan paparan dari Komandan Skadik 402 dan Komandan Skadik 403 sebagai penyampaian permasalahan yang dihadapi.

Evaluasi komponen pendidikan diikuti para pejabat Lanud Adi Soemarmo serta para pejabat yang terkait dalam evaluasi komponen pendidikan di Skadik 402 dan Skadik 403.(red)

Tinggalkan Balasan