Pemalang – Ratusan penggemar sepeda tua di Kabupaten Pemalang yang bergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Cabang Pemalang telah memadati Taman Patih Sampun Pemalang, Senin (17/8).

Kegiatan gonthel bersama ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan berbagai atribut perjuangan serta berbagai sepeda tua. Mengambil start di Taman Patih Sampun Pemalang kemudian menyusuri jalan – jalan desa menuju Benowo Park.

Teguh Yani Santoso, Ketua Umum Kosti Pemalang mengungkapkan, peserta peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 ini merupakan perwakilan dari 40 (empat puluh) komunitas sepeda tua yang ada di Pemalang.

“Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari 40 komunitas sepeda onthel yang ada di Pemalang. Kalau anggota kosti Pemalang ikut semua ada sekitar 1.500 anggota” jelasnya.

Ditambahkan Ir. Totok, Ketua 2 Kosti Pemalang, hal menarik dari kegiatan ini selain sepeda yang digunakan dengan berbagai atribut, peserta berpakaian layaknya pejuang 45 selain itu juga pakaian jaman dahulu serta beberapa pakaian tradisional lainnya.

Teguh Yani Santoso (kanan) Ketua Umum Kosti Pemalang bersama Ir. Totok ketua 2 kosti Pemalang di Taman Patih Sampun Pemalang sebelum Ngonthel

Lebih lanjut Yani mengungkapkan bahwa kegiatan ini selain memperingati hari ulang tahun ke 75 kemerdekaan Republik Indonesia juga dilakukan renungan detik-detik proklamasi pada pukul 10.17 wib. Disamping itu juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker kepada anggota Kosti dan masyarakat umum yang ada di Benowo Park.

Kegiatan Kosti Pemalang ini mendapat apresiasi dari Kades Penggarit, Kecamatan Taman, selaku tuan rumah.

“Kami mengapresiasi kegiatan Kosti ini. Yang merupakan salah satu bentuk penghormatan atas perjuangan para pendahulu kita.” jelas Kades.

Kades juga berharap nilai-nilai perjuangan bangsa senantiasa dimiliki ileh generasi muda penerus bangsa. (RedG)

Tinggalkan Balasan