Pemalang – Komando Distrik Militer (Kodim) 0711/Pemalang Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS)/MoU dengan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik mengenai pemanfaatan lahan Perhutani diwilayah Pemalang, di aula Makodim, Jum’at (14/8).

MoU ini merupakan upaya Kodim untuk meningkat ketahanan pangan bagi masyarakat dengan pemanfaatan lahan seluas ± 3,5 Ha di RPH Klapanunggal BKPH Bantarsari KPH Pemalang milik Perhutani.

“Hal yang paling penting dan esensi MoU tersebut adalah  bagaimana lahan Perhutani di wilayah Pemalang seluar ± 3,5 Ha di RPH Klapanunggal BKPH Bantarsari KPH Pemalang  dapat dioptimalkan pemanfaatannya untuk ketahanan pangan” jelas Letkol Irvan.

Rencananya lahan tersebut digunakan sebagai Demplot maupun lahan produktif untuk ditanami jagung, padi, kedelai, cabe dan tanaman lainnya.

Dandim berharap adanya MoU ini dapat mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Pemalang, tentunya program ini nantinya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas.

Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik, sangat mengapresiasi kerjasama ini, dimana pihaknya kedepan juga dapat menyediakan lahan untuk tegakkan tumbuhan produktif.

Lebih lanjut Taufik mengemukakan bahwa di area tersebut akan dibuat agrowisata dengan konsep petik buah serta eduwisata yang memanfaatkan adanya cagar budaya yang ada di area tersebut.

Setelah penandatanganan MoU, rombongan dari Perhutani dibawa ke kebun apotek hidup dan melaksanakan panen ikan Patin. (RedG)

Tinggalkan Balasan