Wonogiri-Bertempat di Kantor KPU Kabupaten Wonogiri telah dilaksanakan rapat kordinasi pemenuhan syarat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020, Selasa(11/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, Kapolres AKBP Christian Tobing, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat(Kesra) Setda Wonogiri Teguh Setiyono, Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo Adi, Ketua Bawaslu Ali Mahbub, Kakesbangpol Sulardi dan Komisioner Bawaslu Wonogiri Isnawati Shalihah.

Membuka sambutan Ketua KPU menyampaikan, hal yang kami tekankan, kami ingin memberikan informasi sejak awal supaya jelas, dan kami ingin membawa suasana situasi demokrasi di Wonogiri yang sejuk, kami berharap dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan aman dan tertib.

Teguh Setiyono dalam sambutannya menyampaikan, kami memberikan apresiasi serta dukungan penuh kepada KPU dan Bawaslu dalam rangka menyelenggarakan hajatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri tahun 2020. Secara umum pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan kali ini lain dari tahun-tahun sebelumnya karena di tengah pandemi Covid-19, untuk itu beberapa kegiatan akan menyesuaikan dengan situasi sekarang.

Beberapa waktu yang lalu, KPU bersama Bawaslu dengan pemerintah daerah dan dinas kesehatan telah menandatangani kesepakatan dalam rangka menyikapi pandemic Covid-19. Terkait dengan anggaran sudah kami alokasikan dari APBD Kabupaten Wonogiri baik 2019 maupun 2020. Inilah bentuk dukungan dari pemerintah Kabupaten Wonogiri pada penyelenggara Pilkada, dan kita berharap agar pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar.

Perlu diketahui juga saat ini bapak Bupati selaku ketua Gugus Tugas belum bisa memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melaksanakan aktifitas-aktifitas yang bisa menimbulkan kerumunan.

Mengakhiri sambutan, Asisten I Setda Kab. Wonogiri berpesan, kepada teman-teman yang berada di TPK tingkat Kecamatan, agar selalu berkordinasi dengan Forkopincam setempat.

“ Ditengah pandemi Covid-19, KPU harus bekerjasama dengan semua kekuatan yang ada sampai dilini bawah, yakni Kepala Desa, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas “, pungkasnya.

Sementara itu, Dandim beserta Kapolres menyatakan kesiapan TNI-Polri dalam mengawal dan mengamankan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020. Dandim menambahkan, mari kita bersama-sama bersinergi membangun kondisifitas di dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

“Kami TNI tidak melaksanakan politik praktis, kami akan selalu berupaya untuk menekankan kepada satuan kami dibawah sampai dengan prajurit untuk selalu netral, kami siap berkordinasi dengan Pemerintah Daerah, Kepolisian dan instansi terkait, guna menjaga kondisifitas pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri “, pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan