Wonogiri – Sampah plastik adalah sebuah permasalahan yang harus dicari solusinya karena jumlah pemakaiannya yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Fenomena tersebut membuat siswa SMAN 1 Purwantoro, Kabupaten Wonogiri berinovasi dengan mengikuti lomba semangat kurangi plastik tingkat nasional beberapa waktu lalu.

Hasilnya pun sangat membanggakan, sekolah yang dipimpin oleh Dr Uswatun Hasanah tersebut mampu meraih juara dua nasional di ajang tersebut.

Afifah Cintania, siswa kelas 12 IPA 1 salah satu siswa yang ikut dalam lomba tersebut, beberapa waktu lalu mengatakan sebagai sekolah Adiwiyata, SMAN 1 Purwantoro fokus terhadap pengurangan sampah plastik.

“Aksi pengurangan sampah plastik sudah dilakukan sejak akhir tahun 2019, kita mengadakan program nir plastik di sekolah,” katanya.

Aksi tersebut memang berhasil mengurangi jumlah sampah di lingkungan sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Jalan Raya Tegalrejo Raya, Tegalrejo, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah tersebut.

“Sampah-sampah tersebut kita kreasikan menjadi bahan pembuat paving, dengan komposisi 1 kg sampah plastik dicampur dengan semen dan pasir,” ungkapnya.

Paving kreasi tersebut akhirnya berhasil meraih Juara 2 Nasional Karya Semangat Kurangi Plastik.

“Paving tersebut 75 % bahannya sampah plastik,” tegasnya. (red)

Tinggalkan Balasan