Klaten-Di tengah Pandemi Covid-19 yang sedang melanda dan menjadi bencana non alam skala nasional saat ini, Babinsa Koramil 23/Ceper Kodim 0723/Klaten, Sertu Maryanto membantu warga memperbaiki pintu air dan saluran irigasi di Dukuh Jebugan Desa Kujon, Kecamatan Ceper, Minggu (02/08/20).

Saluran irigasi dengan panjang 200 meter dan lebar 50 centimeter yang dilakukan perbaikan itu, salah satu pintu pengaturan yang semula ketika musim penghujan untuk mengatur dan membagi air ke lahan persawahan, namun akibat dimakan usia alat dan sebagian bangunan tergerus air serta rusak, sehingga air yang mengalir tidak bisa maksimal sampai ke sawah.

“Ini perlu adanya perbaikan dengan cara mengganti alat dan pemasangan kembali bangunan yang ambrol dengan menggunakan adukan semen dan pasir,” kata Sertu Maryanto.

Dengan perbaikan ini, diharapkan aliran air kembali lancar, sehingga tidak mengganggu dimulainya Masa Tanam II (MT II) yang sesuai dengan jadwal.

Sertu Maryanto meminta agar pintu air dan saluran irigasi yang sudah diperbaiki bisa dijaga bersama-sama dengan baik jangan justru malah dilobangi, sehingga bisa berfungsi dengan baik dalam jangka yang cukup lama.

“Harus dipelihara bersama-sama terutama untuk persiapan masa tanam II supaya sawah cukup terairi, sehingga bisa lebih meningkat hasilnya untuk mewujudkan swasembada pangan terutama padi,” ulasnya.

Kendati situasi di tengah pandemi Covid-19, upaya khusus ini harus tetap berjalan. Babinsa (TNI), tetap setia mengawal dan mendampingi petani demi terwujudnya swasembada pangan di wilayah.( red )

Tinggalkan Balasan