Wonogiri- Bertempat di Dusun Duwet Kidul Rt 01/Rw 22, Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno telah dilakukan Penilaian Kampung Siaga Candi oleh Team Polda Jateng yang dipimpin oleh AKBP Suwanto, SH, MH, Selasa (28/7).

Hadir dalam acara tersebut tim penilai dari Polda yang dipimpin AKBP Suwanto, SH,MH, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, S.IK, MH,M.Si,CPHR, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, SE, PJU Polres Wonogiri, Forkompincam Baturetno, Kades Baturetno Tuntas Aditya Nugroho dan tamu undangan lainnya.

Camat Baturetno Drs. Eko Nur Haryono mengatakan Dusun Duwet Kidul telah menang dalam lomba tingkat Polres Wonogiri.

“Kecamatan Baturetno terdiri dari 13 desa dan 22 dusun, untuk wilayah Desa Baturetno terdapat 8 dusun. Forkopincam Baturetno memberi amanah kepada Kepala Desa Baturetno untuk menunjuk Dusun Duwet Kidul mewakili tingkat kecamatan dalam program kampung siaga candi dengan berbagai indikator, salah satu nya ketahanan pangan untuk wilayah Kabupaten Wonogiri,” katanya.

Dia mengatakan Penderita Covid 19 berjumlah 101 penderita, sementara di wilayah Kecamatan Baturetno nihil.

“Semoga program siaga candi di Dusun Duwet Kidul bisa menjadi percontoan dari 122 desa di wilayah Kabupaten Wonogiri. Program kampung siaga candi di dukung oleh masyarakat dan diperuntukan untuk masyatakat,” ujarnya.

Kepala Desa Baturetno BTuntas Aditya Nugroho, SH mengucapkan terima kasih kepada segenap Tim Penilai Lomba Kampung Siaga Candi Polda Jateng, Kapolres Wonogiri beserta jajaran, Dandim 0728 beserta jajaran, Forkopincam Baturetno dan segenap undangan yang hadir.

AKBP Christian Tobing, S.IK., MH., M.Si mengucapkan Kampung Siaga Candi adalah giat kolaborasi stakeholder di Kecamatan Baturetno dalam rangka menghadapi covid 19 dan upaya dari masyarakat untuk memutus mata rantai covid 19.

“Tujuan dan harapan bersama stakeholder bersama masyarakat Dusun Duwet Kidul Desa Baturetno memutus mata rantai covid 19 dengan memupuk kebersamaan yang ada di kampung siaga dengan bahu membahu mewujudkan kampung siaga candi yang berkesinambungan dan dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkannya latar belakang Dusun Duwet menjadi Kampung Siaga Candi telah mengikuti lomba tingkat polres dan mendapat juara 1.

“Polres dan Kodim mendorong seluruh masyarakat untuk melakukan kegiatan yang nyata untuk memutus mata rantai penularan covid 19, sehingga Bhabinkamtibmas khususnya wilayah Kecamatan Baturetno dapat menjalankan tugas dengan aman dan kondusif,” tegasnya.

Sementara Ketua Tim Penilai AKBP Suwanto, SH,MH mengatakan Kapolres bersama Dandim diharapkan untuk saling bekerjasama dalam menanggulangi masalah pandemi covid 19 dengan memperhatikan aspek ketangguhan kesehatan, keamanan yang terdiri dari 3 pilar dari atas sampai bawah dan dibantu dengan pam swakarsa.

“Tujuan pembuatan kampung siaga candi yang utama adalah untuk pencegahan covid 19. Bersamaan dengan program kampung siaga candi telah dilaksanakan launching Babhinkamtibas Candi dengan tujuan agar masyarakat mengetahui identitas babhinkamtibmas di wilayahnya dan menjadi lebih dekat sehingga lebih di sayang oleh masyarakat,” bebernya.

Lebih lanjut dia menambahkan Babhinkamtibmas adalah anggota pilihan yang harus menguasai segala bidang tugas kepolisian.

‘Diharapkan kepada Kapolres dan Dandim Wonogiri untuk menjaga sinergitas TNi Polri guna menjaga situasi kamtibmas di wilayah Wonogiri,” tegasnya.(red)

Tinggalkan Balasan