Karanganyar-Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah, didampingi Anggota DPRD Karanganyar Tiara Puspita, Haryati dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Danik dari Dinas Pertanian Karanganyar dan Widodo dari Perhutani, berkunjung ke Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso dan Desa Anggasmanis, Kecamatan Jenawi belum lama ini.

Kunjungan pertama ke Desa Segorogunung yang dipimpin Tri Harjono sebagai Kepala Desa, dihadapan warga Desa Segorogunung yang hadir di Pendopo Desa, Mbak Luluk menyampaikan program aspirasi yang dibawa yaitu bibit kopi arabika.

“Di Desa Segorogunung ini saya kasih bibit kopi arabika seluas 65 ha dan harus jadi sesuatu,” katanya.

Mbak Luluk berharap banyak di Desa Segorogunung ini akan jadi Kampung Kopi dan sekaligus jadi destinasi wisata di desa ini. Penanaman kopi tidak hanya menggunakan lahan perutani, tapi lahan warga di sekitar pekarangan harus ditanami, jika semua warga menanam di pekarangan maka akan jadi nilai ekonomis.

“Di Desa Segara Gunung ini wilayahnya potensial, kita ajak setiap warga memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami kopi, bibit kita siapkan, di lahan perhutani juga akan ditanam 65 ha bibit,” jelasnya

Di Desa Anggrasmanis dengan diantar Kepala Desanya Agus Warsito ke rumah Sukiman bertemu dengan kelompok tani kopi, di desa ini sudah dikembangkan kopi luwak dan nilai ekonomisnya tinggi bahkan harga per kilogram nya bisa mencapai 200 ribu. Di desa tersebut Mbak Luluk memberikan aspirasi bibit kopinya seluas 10 ha.

“Mesin pengolah kopi akan kita pikirkan ke depanya jika program ini berjalan, tidak hanya pra panen yang kita dorong tapi juga pasca panennya” jelasnya.

Dalam program ini Mbak Luluk sudah mempersiapkan proses pengolahan kopi tersebut dari hulu ke hilir. Dia ingin program kopi ini mampu membuat masyarakat berdaya bersama.

Di akhir pertemuan Mbak Luluk membagikan sembako ke masyarakat Desa Segorogunung dan Desa Anggrasmanis, mereka sangat berterima kasih atas perhatian Anggota Komisi IV DPR RI dari FPKB tersebut. (red)

Tinggalkan Balasan