Pemalang- Salah satu upaya komunikasi sosial dengan wilayah teritorialnya, Kodim 0711/Pemalang bersama Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Pemalang, menggelar festival Pencak Silat Tradisional yang tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19, bertempat di Lapangan Makodim, pada Minggu (28/6/2020).

Mengambil tema “Membentuk SDM kreatif, Inovatif dan Adaptif”
, kegiatan ini dibuka Dandim Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han., yang dihadiri Kasdim 0711/Pemalang Mayor Kav Haryono, Pa Staf dan Para Danramil jajaran Kodim 0711/Pemalang, Kadin pemuda dan olah raga Kab.Pemalang Sapardi, Ketua IPSI Kab.Pemalang Muntoha, Ketua Pencak Silat Setia Teratai (PSHT) Korwil Jawa Tengah Dr. Kun Sri Wibowo serta para dewan juri.

Festival Pencak Silat Tradisional ini diikuti 14 kontingan yaitu Kontingen Kodim 0711/Pemalang yang diwakili Perguruan PSHT, Koramil 01/Pemalang yang diwakili Jutaco perisai naga sakti, Koramil 02/Taman yang diwakili Persinas asa, Koramil 03/Petarukan yang diwakili Silat tradisional kuntulan, Koramil 04/Comal yang diwakili Tapak suci putra muhammadiyah, Koramil 05/Ulujami yang diwakili Perguruan silat pandawa, Koramil 06/Bodeh yang diwakili Perguruan silat aliran nursa, Koramil 07/Ampegading yang diwakili Perguruan silat inseba, Koramil 08/Randudongkal yang diwakili PSHT Ranting Randudongkal, Koramil 09/Bantarbolang yang diwakili Merpati putih, Koramil 10/Moga yang diwakili Perguruan silat sekar melati, Koramil 11/Belik yang diwakili Pagar nusa, Koramil 12/Watukumpul yang diwakili Putra setia dan Koramil 13/Pulosari yang diwakili Perguruan praba sari.

Dalam sambutan pembukaannya Dandim Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han., menyampaikan kegiatan ini dengan menggelar festival bertujuan menjalin Komsos Kreatif yang sehat dan harmonis melalui pentas seni/budaya, olahraga dan sosiodrama kepahlawanan daerah dan nasional untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat di wilayah.

Lebih lanjut menurut Dandim, Komunikasi Sosial Kreatif dengan sasaran meliputi terpeliharanya Komsos Kreatif, Terwujudnya jalinan kerjasama yang baik antara prajurit dengan seniman/seniwati, civitas akademika dan olahragawan/olahragawati serta tercapainya pemahaman pesan pimpinan TNI AD dan dikalangan seniman/seniwati, civitas akademika, olahragawan/olahragawati dengan baik dan benar, saling pengertian dan kebersamaan dalam menyikapi kebijakan pimpinan TNI AD serta Terwujudnya pemahaman yang sama terhadap setiap isu yang berkembang di wilayah dan Terbentuknya kader perlawanan wilayah di setiap wilayah Satkowil, tuturnya.

Dandim berharap kepada peserta untuk menunjukkan kemampuan semaksimal mungkin, sebagai bentuk parameter untuk mengukur kemampuan pada diri masing-masing peserta tunjukkan sportifitas dalam bertanding dan tetap semangat, perhatikan faktor keamanan dalam kegiatan ini khususnya di bidang seni bela diri, Pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama baik Ketua Pencak Silat Setia Terate (PSHT) Korwil Jawa Tengah dr. Kun Sri Wibowo maupun Ketua IPSI Kab.Pemalang Muntoha sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, pencak silat ini perlu dilestarikan karena merupakan budaya bangsa kita siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan dan sudah diakui oleh PBB. Dengan adanya festival pencak silat ini kita akan ketahui kreasi – kreasi dari masing – masing perguruan dan akan membawa nama baik Kab. Pemalang pada kegiatan festival tingkat Korem 071/WK.

Mereka sangat bangga sekali dengan adanya festival pencak silat ini harapannya kedepan lebih meriah lagi, dengan diselenggarakan festival pencak silat di musim pandemi ini, kita tetap harus menggunakan protokol kesehatan untuk meningkatkan imun kita harus berolahraga.

Keluar sebagai juara festival Pencak Silat Tradisional ini adalah Juara I kontingen dari Koramil 02/Taman yang diwakili Persinas Asa, Juara II kontingen dari Koramil 08/Randudongkal yang diwakili PSHT Ranting Randudongkal dan Juara III kontingen dari Koramil 09/Bantarbolang yang diwakili Merpati putih. (SWE)

Foto : Komunikasi sosial Kodim 0711 Pemalang dengan menggelar festival Pencak Silat.

Tinggalkan Balasan