Temanggung —Akademi Keperawatan (Akper) Alkautsar Temanggung mulai tahun ajaran baru ini dikelola oleh PCNU Temanggung, setelah diserahterimakan oleh Yayasan Alkautsar Temanggung.  PCNU diminta untuk menjalankan manajemen perguruan tinggi agar perkembangan lembaga semakin meningkat kedepannya. Serah terima sendiri telah ditandatangani di depan notaries dan proses alihkelola mulai berjalan hingga rampung dalam tiga tahun kedepan.

“Pada tahun ini, kami memulai mengelola penerimaan mahasiswa baru dan manajemen pendidikan untuk mahasiswa baru. Secara legalitas telah selesai, tinggal teknisnya. Kami sekarang sedang dalam tahap rekruitmen mahasiswa baru,” kata Ketua PCNU Temanggung, KH. M. Furqon, Ahad (28/6/2020).

Dalam pengelolaannya, PCNU membentuk tim khusus yang digawangi Yayasan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (Yaptinu), akademisi dari sejumlah perguruan tinggi, praktisi serta tokoh-tokoh terkait lainnya. Tim sendiri telah merampungkan sejumlah PR dan tengah konsentrasi pada PMB. “Konsentrasi sekarang di PMB, karena sekarang sudah milik PCNU, maka kami himbau kepada warga NU untuk mengarahkan pendidikan anaknya di Akper Al Kautsar yang minat di bidang kesehatan,” lanjut pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah, Prapak, Kranggan Temanggung ini.
Ketua Tim Pengelola Akper Alkautsar, KH. Manshur Asnawi menjelaskan, selain manjamen yang sudah ada, pihaknya akan meningkatkan kualitas dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait. Selain itu, pihaknya secara fisik juga telah menyiapkan bangunan di Gedung Babussalam Jalan Suwandi Suwardi Temanggung untuk dijadikan lokasi kampus setelah serah terima dilakukan penuh.

“Yang lama dan masih bagus tetap akan kita pertahankan untuk dijadikan cirri khas Akper Alkautsar, sementara kita juga menerapkan pola dan metode baru yang lebih efektif. Dengan begitu maka kami berharap langkah Akper kedepannya semakin optimal,” tandasnya.

Perlu diketahui, bahwa pada tahun 2016, Akademi Keperawatan Alkautsar Temanggung berhasil meraih akreditasi B dengan nomor 0835/LAM-PTKes/Akr/Dip/X/2016 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) yang kini dikelola PCNU melalui YAPTINU Temanggung. (RedG/zah)

Tinggalkan Balasan