Sragen-Luluk Nur Hamidah, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB menyambangi nelayan Waduk Kedongombo (WKO) tepatnya di Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Rabu (20/5).

Di tengah merebaknya pandemi COVID-19 ini, Mbak Luluk terus mengadakan bakti sosial bagi sembako termasuk kepada nelayan Waduk Kedungombo untuk membantu meringankan beban mereka akibat pandemi, selain sembako juga di bagikan handsanitizer dan masker.

“Situasi sulit yang dihadapi masyarakat saat ini kami terjun langsung agar bantuan tepat sasaran,” ujar Mbak Luluk.

Ketua Kelompok Tani Temu Karya yang juga Kepala Desa Ngargotirto Sumberlawang, Sumadi menyampaikan beberapa kesulitan yang dihadapi para petani karamba.

“Kami sangat butuh jaring apung untuk budidaya dan sarana wadah penampung ikan yang sudah besar tapi belum bisa dipasarkan karena situasi pandemi Covid-19,” ujar Sumadi.

Sumadi mengatakan sangat membutuhkan alat pendeteksi pakan ikan, karena pakan yang diproduksi oleh pabrik berakibat perubahan kondisi air yang menyebabkan banyak ikan mati dan penyakit gatal ke nelayan.

“Produksi ikan di Waduk Kedungombo ini per hari bisa mencapai 10-15 ton, tapi saat ini terkendala pemasaran khsususnya ikan mas, karena situasi pandemi ini,” sambung Sumadi.

Sumadi menegskan akses permodalan ke bank dengan bunga yang tinggi dan harus menyertakan agunan menjadi kendala tersendiri bagi para petani.

Mbak Luluk memberikan beberapa solusi dan motivasi menurutnya hasil ikan yang melimpah dapat dijadikan olahan ikan yang akan menambah nilai ekonomis, sehingga perlu pelatihan khusus dan dia bersedia membantu.

“Terkait akses permodalan para petani ikan diharapkan dapat mengakses KUR dari bank mitra dengan bunga yang rendah, maksimal 50 juta tanpa agunan,” tegas Mbak Luluk.

Pada closing statement Mbak Luluk menegaskan pemerintah harus membeli produk petani ikan tersebut untuk paket sembako yang juga akan dibagikan kepada masyarakat juga.

“Pemerintah daerah ketika menyiapkan paket sembako dari produk lokal petani ikan, perhari bisa disiapkan 10 ribu paket ikan dari Petani Ikan di Waduk Kedungombo ini,” ucap Mbak Luluk.

Kegiatan dilanjutkan ke Desa Pendem Sumberlawang, Mbak Luluk juga membagikan paket sembako dan masker kepada masyarakat sekitar Gunung Kemukus. Dia juga berpesan kepada pengelola tempat wisata religi, agar pengunjung mentaati anjuran pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.( red )

Tinggalkan Balasan