OPINI

Oleh : Akhmad Alwin Kamal
Mahasiswa : STIE RAJAWALI PURWOREJO, Jurusan : MANAJEMEN

Purworejo – Sudah dua bulan ini masa pandemi Covid-19 di Indonesia, salah satu dampaknya, banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaan. Mungkin Anda salah satunya. Namun, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan waktu untuk membuka bisnis dari pada larut dalam kesedihan karena kehilangan lapangan pekerjaan. Berbisnis menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda pilih untuk tetap mendapatkan penghasilan. Sudah ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda pilih berdasarkan kemampuan dan keterampilan Anda.

Bagi orang awam, masalah yang terjadi akan dianggap sebagai masalah. Sementara itu, bagi orang yang punya jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan, masalah dianggap sebagai pintu dari sebuah peluang.

Pemahaman seperti ini harus Anda miliki jika ingin melihat peluang bisnis di tengah pandemi. Tidak ada bisnis muncul tanpa adanya masalah. Contoh sederhananya saja model bisnis aplikasi ojek online. Fenomena ojek online itu muncul karena banyak orang ingin sampai ke tempat tujuan tanpa harus bermacet-macetan dan dengan tarif yang terjangkau.

Lalu muncul juga layanan yang lain seperti pesan antar makanan yang memudahkan Anda untuk menikmati makanan tanpa harus keluar rumah. Ini disebabkan masalah, yaitu kemacetan dan banyaknya orang yang tidak memiliki waktu untuk masak di rumah. Tentu adanya layanan pesan antar makanan, ini lebih praktis dan menjadi solusi bagi masyarakat.

Begitu juga di masa pendemi COVID-19 ini. Kita semua berada di dalam sebuah masalah yang sama. Kita terancam terpapar virus Corona. Pemerintah menerapkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Itu artinya setiap orang harus melakukan social distancing. Sekolah diliburkan dan proses belajar mengajar secara daring. Banyak pegawai yang work from home.

Kira-kira, peluang apa yang bisa Anda dapatkan di tengah pendemi COVID-19 seperti saat ini? Sebenarnya banyak sekali, di antara sebagai berikut:

1. Bahan Makanan

Anda bisa menjual bahan makanan ketika ada wabah virus corona seperti saat ini. Sebab, bahan makanan menjadi kebutuhan primer semua orang. Anda bisa memanfaatkan peluang ini karena banyak orang takut untuk belanja ke luar rumah meskipun hanya untuk membeli bahan makanan.

Apalagi sudah memasuki pertengahan bulan puasa Ramadhan 2020 ini, umat Islam tidak bisa menjalankan ibadah seperti tahun-tahun yang lalu. Tidak ada lagi kegiatan ngabuburit menjelang maghrib. Tidak ada penjual makanan takjil di pinggir jalan karena akibat pandemi ini.

Tentu saja banyak orang yang mungkin akan masak di rumah untuk berbuka dan sahur. Anda juga sediakan bahan-bahan makanan mulai dari sayuran dan bumbu-bumbu dapur. Dalam hal ini, Anda bisa bekerja dengan petani. Mereka supplier dan Anda distributornya.

Selain itu, Anda bisa membuka toko sembako. Akan tetapi, Anda harus siapkan supply dan delivery-nya. Pasalnya, di saat pandemi seperti saat ini, orang merasa lebih aman berada di dalam rumah. Untuk itu, Anda harus pikirkan bagaimana cara pengirimannya. Anda juga harus jago dalam hal marketing online karena Anda menjangkau calon pembeli secara online.

2. Jual Jamu Herbal

WHO atau World Health Organization mengumumkan bahwa sampai saat ini belum ada antivirus untuk COVID-19. Namun, untuk saat ini yang bisa dilakukan sekarang adalah mencegah terinfeksi dengan cara memakai masker ketika berada di luar rumah dan melakukan social distancing.

Di sisi lain, para ahli medis juga menyarankan agar setiap orang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab, virus akan mudah dimatikan di dalam tubuh yang memiliki sistem kekebalan tubuh kuat.

Untuk itu, ada peluang bisnis yang bisa Anda ambil. Anda bisa jual jamu herbal. Ada bermacam-macam jamu yang bisa Anda tawarkan untuk menjaga stamina seseorang di tengah pandemi. Menjual jamu herbal menjadi alternatif peluang bisnis yang menguntungkan karena orang lebih fokus untuk menjaga kesehatan daripada yang lainnya.

3. Jual Masker

Ketika pandemi COVID-19, sempat masker itu begitu langka. Jika ada, harganya pun melejit tinggi. Namun, ada kebijakan dari pemerintah agar masyarakat (selain anggota medis) untuk menggunakan masker kain biasa. Masker ini dirasa sudah cukup untuk mencegah terinfeksi virus corona. Jika Anda memiliki kemahiran dalam menjahit, tentu kondisi ini bisa Anda jadikan peluang bisnis. Sebab, pemerintah sudah mulai menganjurkan untuk semua masyarakat Indonesia menggunakan masker ketika keluar rumah. Tentu masker kain akan menjadi barang yang paling banyak dicari.

Itu hanya beberapa peluang bisnis yang bisa Anda jalankan di tengah pandemi seperti saat ini. Apapun bisnis yang Anda pilih, pastikan Anda punya motivasi yang kuat dan juga konsistensi. Itu yang menentukan apakah peluang usaha tersebut bisa memberikan Anda penghasilan atau tidak. (RedG)

 

Tinggalkan Balasan