Klaten- Tugas pokok seorang Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) adalah melaksanakan kegiatan kewilayahan guna mewujudkan ketahanan wilayah serta kemanunggalan TNI-Rakyat. Untuk mewujudkan itu, salah satu upayanya dengan mendata kembali wilayah binaannya yang meliputi geografi, demografi maupun kondisi sosial.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 23/Ceper Serda Suparman selalu memperbarui datanya dengan mendatangi kantor Balai Desa Kuncen serta koordinasi dengan aparat atau perangkat desa tentang perkembangan situasi dan kondisi wilayah, mengingat banyak kejadian di berbagai daerah, yakni di Kelurahan Kuncen Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten, Rabu ( 08-04-2020 ).

Dihadapkan dengan situasi menjelang Pilkada TH 2020, Babinsa Serda Suparman selalu mengingatkan kepada perangkat desa agar selalu waspada dan mendata tamu yang menginap maupun selalu laksanakan ronda.

Terkait hal itu Koramil 23/Ceper sebagai satuan apkowil, melalui seluruh babinsa koramil jajarannya dalam kegiatan komsos menghimbau perangkat desa dan warga binaannya agar tidak resah dan tetap tenang beraktivitas seperti biasa menghadapi bencana covid-19.

“Catat dan pantau tamu dengan diadakan pengecekan isolasi mandiri terhadap warga yang datang dari perantauan atau dari berbagai daerah selama 14 hari ini untuk memastikan bahwa warga tersebut selama isolasi mandiri tidak menimbulkan gejala yang mengarah ke virus Covid – 19 dan dinyatakan aman atau sehat. yang menginap terutama yang tidak kita kenal. Kita antisipasi sejak dini dan selalu saling mengingatkan agar tetap menjaga situasi desa agar tetap kondusif,” ucap Babinsa.

Di tempat terpisah, Danramil 23/Ceper Kapten Czi Rusmani memerintahkan semua Babinsa agar selalu aktif ke desa binaannya.

“Para Babinsa jangan pernah jemu memantau wilayah binaannya, itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Monitor setiap perkembangan dan segera laporkan,” kata Danramil.( * )

Tinggalkan Balasan