Wonogiri – Pandemi global Corona Virus Disease 2019 atau dikenal dengan COVID-19 kini melanda hampir sebagian besar dunia tak terkecuali Indonesia. Berdasar penelitian, kaum lanjut usia adalah salah satu golongan yang rentan terpapar virus yang pertama kali ditemukan di Propinsi Wuhan, Tiongkok akhir Desember 2019 tersebut.

Dilansir dari www.sehatq.com mengatakan salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi virus corona adalah orang lanjut usia (lansia) berusia 60 tahun ke atas.

Mengapa lansia lebih rentan terhadap paparan virus corona? Seiring bertambahnya usia seseorang, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan. Mulai dari menurunnya produksi hormon, kekenyalan kulit, massa otot, kepadatan tulang, hingga kekuatan dan fungsi organ-organ tubuh.

Kemudian, sistem imun sebagai pelindung tubuh pada lansia pun tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya saat masih muda. Akibatnya, sulit bagi orang lansia untuk melawan berbagai macam bakteri atau virus penyebab penyakit, termasuk terinfeksi virus corona COVID-19.

Menyikapi hal tersebut putera daerah bertangan dingin dari Kecamatan Sidoharjo, Suparno Parnaraya yang sangat peduli dengan kaum lansia di Kabupaten Wonogiri melakukan aksi sosial yakni pemberian bantuan sabun cair merk Lakos kepada sekitar 630 lansia dan santri yang tinggal di Pondok Pesantren Santri di Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri belum lama ini.

Endang Istriningsih selaku General Manager Istana Parnaraya mewakili Suparno Parnaraya, Sabtu (4/4) mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan perilaku tersebut diharapkan para lansia dan para santri terhindar dari virus corona.

Endang menjelaskan selain memberikan bantuan sabun cair Lakos kepada santri Ponpes Santri Manjung dan para lansia di Kecamatan Sidoharjo.

Panti Jompo Sasana Tresna Wreda Yayasan Dharma Bakti Wonogiri yang terletak di Jalan Salak 1 No 28, Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri juga mendapatkan bantuan tersebut.

Ketua Yayasan Dharma Bakti Wonogiri Hj. Siti Hatmini Sutantyo mengatakan
panti jompo tersebut dihuni oleh 25 orang dan 10 pengasuh, dengan mengutamakan warga Kabupaten Wonogiri.

“Akan tetapi apabila ada dari daerah lainnya yang ingin menitipkan para jompo disini juga kita terima selama masih mencukupi tempatnya,” jelasnya.

Siti mengucapkan terima kasih kepada Suparno Parnaraya yang selalu peduli terhadap lansia. Di tengah kondisi pandemi corona bantuan guna melakukan pola hidup sehat tersebut sangatlah bermanfaat bagi para lansia.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Santri Manjung Brigadir Eko Julianto,SH mengucapkan terimakasih kepada Suparno Parnaraya atas bantuan tersebut.

“Selaku pengasuh Pondok Pesantren, saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada beliau Bapak Suparno Parnaraya, bapak dari para santri disini yang selalu mengajarkan kepada para santri agar selalu menjadi manusia yang bermanfaat kepada orang lain,” bebernya.

Bhabinkamtibmas Desa Manjung tersebut menegaskan dengan adanya sabun Lakos tersebut sangat membantu untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan pondok pesantren dalam upaya untuk melawan Virus COVID- 19. (red)

Tinggalkan Balasan