Pemalang – Kolaborasi antara pemerintah Kabupaten Pemalang, TNI-Polri, Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) dan elemen masyarakat berkoordinasi dengan Satgas gugus tugas Covid-19 melaksanakan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum stasiun kereta api Pemalang dan terminal induk Pemalang, Kamis (26/3).

Gerakan ini didukung oleh Baznas yang menyediakan larutan disinfektan dan menggerakkan lebih dari 100 personil TNI-Polri sebagai tenaga penyemprotan.

Terlihat sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Pemalang Dr. M. Arifin, ketua DPRD Kabupaten Pemalang Agus Sukoco, perwakilan Kodim 0711, Polres Pemalang, PMI dan unsur lainnya yang bersama-sama memberi contoh penyemprotan disinfektan ini.

Menurut sekda Kabupaten Pemalang, kegiatan ini merupakan salah satu contoh penanganan pemutusan rantai virus Corona. Kedepannya sekda meminta penyemprotan disinfektan seperti ini hendaknya simultan dan terus menerus.

“Kegiatan ini hanya contoh saja, selanjutnya bisa dilaksanakan setiap hari.” jelas sekda.

Apabila pengelola fasilitas umum seperti stasiun maupun terminal kesulitan dalam penyediaan disinfektan atau peralatan lainnya daoat berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Pemalang yang berkantor di Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang.

Selain penyemprotan, juga dilaksanakan pemeriksaan suhu badan dengan menggunakan thermal gun oleh petugas kesehatan terhadap penumpang yang turun dari kereta dan Bis. (RedG)