Semarang – Dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum Daerah yang bakal diadakan serentak ditahun 2020, Badan kesatuan bangsa dan sosial politik (Kesbangpol) Jawa Tengah menggelar kegiatan pembinaan sosial dan politik yang menggandeng Sekretariat bersama Insan Pers Jawa Tengah (SEKBER IPJT), Hotel Amanda Hils Bandungan, Kabupaten Semarang, 4-5 Maret 2020.

Helatan ini bertajuk ” Menjalin Sinergi dan Meningkatakan Peran Serta kepada IPJT dalam Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020”.  Hadir jajaran Kesbangpol Jawa Tengah, diantaranya Muslikhah bersama Rusdianto. Selain itu, turut hadir Ketua Umum Sekber IPJT DR H Endar Susilo SH MH, dan Sekjend Sekber Moh. Safik, serta pengurus Sekber IPJT dari perwakilan masing-masing kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Kegiatan yang dimulai Pukul 15.00 WIB oleh Kepala Badan Kesbangpol Jateng yang diwakili Kabag Program Kesbangpol Jateng, Muslichah Setiasih dalam sambutan tertulisnya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini . Semoga melalui kegiatan ini dapat meberikan pemahaman kepada masyarakat dalam berkomunikasi politik, agar menjadi masyarakat yang cerdas berpolitik serta meningkatkan kesadaran partisipasi politik bagi seluruh elemen masyarakat guna mewujudkan proses demokrasi politik yang berdasarkan pada norma, etika dan rasionalisme, ” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Sekber IPJT, Endar Susilo menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota Sekber IPJT se-provinsi Jawa Tengah, agar bersinergi dengan Kesbangpol maupun Forkopimda di masing-masing kabupaten/kota.

“Agar kemitraan yang diharapkan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dapat menciptakan suasana kondusif di berbagai daerah masing-masing se Provinsi Jawa Tengah,” tutupnya.

Kegiatan tersebut juga dihadirkan 2 pembicara yaitu dari Waka Kesbangpol Yuni Inddasari dan Dr. Bahrul Ulum dosen pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Yuni Indrasari di dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi peran Ormas Dalam Mendukung Suksesnya Pilkada 2020,
memaparkan bahwa pilkada serentak yang di gelar 23 september 2020 di 270 daerah di seluruh Indonesia, untuk Jawa Tengah menggelar pilkada di 21 Kabupaten/ Kota Se Jateng. Dana untuk Pilkada Jateng 2020 menelan anggaran biaya Rp.877.938 milyar dengan rincian Dana untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp. 687.938 milyar dan Bawaslu Rp. 190 milyar.

Menutup sesi pertama dilanjutkan dengan pembicara diskusi oleh Bahrul Ulum dosen pascasarjana Fakultas Hukum Unwahas Semarang menjelaskan bahwa politik di indonesia tidak hanya berdasarkan sisi hukum dan peraturan yang ada tetapi dari sisi etika yang harus didahulukan.

Acara ditutup dengan jumpa pers yang disampaikan oleh Ketua Umum Sekber IPJT, Endar Susilo memberikan arahan kepada seluruh anggota Sekber IPJT dalam hal menyongsong pemilukada kedepan guna dapat bertemu dengan calon kepala daerah untuk meliput semua visi misinya dan diinformasikan ke publik. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Tinggalkan Balasan