Semarang – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang menggelar sosialisasi tentang digital learning penggunaan gadget untuk anak usia dini di Balai RW 03 kelurahan Gayamsari, Kamis (13/2).

Sosialisasi yang memiliki tema bijak dalam penggunaan gadget untuk anak usia dini. Kegiatan sosialisasi ini diadakan berdasarkan kekhawatiran di lapangan terhadap banyaknya orang tua zaman kini memberikan gadget pada anaknya sejak usia dini. Gadget yang diberikan kepada anaknya nantinya digunakan untuk menenangkan anaknya atau membuat anaknya untuk diam atau tenang tanpa mereka khawatir anaknya akan pergi kemana-mana. Tetapi apakah hal yang dilakukan tersebut sudah benar? Apa saja dampak yang diberikan gadget kepada anak yang masih berusia dini?

Kegiatan sosialisasi dilakukan selama kegiatan PAUD berlangsung, sembari para ibu menjaga buah hati mereka, para ibu mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat. Sosialisasi ini dibuka oleh lurah Gayamsari dan kemudian diisi oleh pemateri Yuli K. Werdiningsih, S.S., M.A. Tak luput juga Sosialisasi ini diselingi oleh pendidikan kewarganegaraan dengan mengajak para anak PAUD Mekarsari ikut menyayikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dan diiringi oleh ibu guru PAUD sebelum acara dibuka. Kegiatan ini mengundang para ibu dari anak PAUD Mekarsari di RW 03 yang diharapkan dapat menambah wawasan para orang tua dibidang gadget khiususnya orang tua yang memiliki anak usia dini. Tidak hanya orang tua, para ibu guru PAUD Mekarsari juga turut mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

“Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat tepat sasaran dengan keadaan yang ada di lingkungan PAUD kebanyakan, semoga dengan adanya sosialisasi bisa mengubah cara pandang para orang tua sebelum mereka memberikan gadget pada anak.” Ujar ibu Zubaedah, ketua PAUD Mekarsari.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KKN UPGRIS kelurahan Gayamsari ini diharapkan tidak hanya menambah wawasan para orang tua untuk anak-anaknya yang tercinta namun juga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dijadikan gaya hidup baru menuju Indonesia yang cerdas.(RedG/KKN UPGRIS 2020)