Yogyakarta- Salah satu minuman segar yang jadi incaran masyarakat di kala panas siang hari adalah es kelapa muda . Kelapa muda yang dipercaya sangat baik  untuk kesehatan pencernaan juga menjadi salah satu pilihan semua orang untuk dinikmati.

Apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin, dan dikombinasi dengan beragam campuran, agar tetap menarik tanpa menghilangkan kesegarannya.

Dari sekian banyak olahan Es Kelapa Muda, di Yogyakarta tepatnya Komplek blok S 2 no 14 Lanud Adi Sutjipto, ada Es Kelapa Muda Jelly D’jingga .

Pemilik usaha kuliner tersebut, Mega Untoro yang saat ini juga masih menjadi anggota TNI AU di satuan Paskas mengkreasikan air kelapa muda dan isinya dibuat jadi olahan jelly.

Campuran lezat tersebut disajikan langsung di dalam batok kelapa dalam keadaan dingin.Es kelapa jelly ini sangat unik dan dikemas dengan rapi. Air kelapa muda dan isinya disulap menyerupai agar-agar. Saat dicicipi, olahan kelapa muda ini, rasa dan aroma kelapanya cukup kental. Cara mencicipinya pun harus menggunakan sendok.

Rasanya unik, dan isi daging kelapa yang kenyal di dalamnya sangat terasa di lidah, teksturnya lembut, tentunya minuman ini bisa melepas dahaga di siang hari.

Mega Untoro, Selasa (18/2) mengatakan olahan kelapa muda tersebut tanpa pengawet.Dia hanya menggunakan sedikit campuran gula ke dalam air kelapa saat di masak.

Proses pembuatannya juga cukup mudah. Hanya membutuhkan kelapa yang masih muda, dikupas hingga rapi, lalu mengeruk isinya. Sementara airnya di masak dalam kuali besar dan dicampur dengan Jelly. Ketika sudah matang, air kelapa dan isinya dituangkan ke dalam batok kelapa, dan diamkan selama 4 jam.

Setelah mengeras, lalu di packing dengan rapi lalu dimasukkan ke dalam pendingin. “Semua alami , tanpa pengawet. Media pengawet kita hanya pendingin (kulkas), itu pun bisa bertahan hingga 10 hari,” ujar Mega Untoro.

Saat ini , Mega Untoro dibantu 5 orang karyawannya memasarkan 300 buah lebih es kelapa jelly ke setiap minggunya. Minuman ini, juga menjadi favorit bagi pelanggan.

Es kelapa Jelly tersebut dihargai sebesar Rp 20 ribu perbuahnya. Untuk menemukannya juga cukup mudah yakni di Indatu D’Coco Jogjakarta Komplek blok S 2 no 14 Lanud Adi Sutjipto, Jl. Maredan, Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, D I Yogyakarta 0811-2956-354.

Kedepan Indatu D,Coco Yogjakarta tersedia di rumah makan Satria Prambanan , Heha Sky View, Pantai Timang, RBM Merapi dan Mirota Kampus.(red)