Pemalang – Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Desa Kuta bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, pemuda dan olah raga (Disparpora) Kabupaten Pemalang merancang desain mengenai obyek wisata di Kalisetu, Desa Kita, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

Mahasiswa KKN Undip melakukan paparan tentang Pendampingan Pembuatan MasterPlan Objek Wisata Kalisetu Desa Kuta dengan Koordinator Desa Franscois Riyadi D. Kegiatan pemaparan program multidislin yang melibatkan 3 fakultas berbeda dilaksanakan Selasa (4/2), di Balai Desa Kuta, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

Pemaparan program dipaparkan langsung oleh Koordinator Desa Tim KKN. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta tokoh masyarakat Desa Kuta.

Kegiatan ini dimulai dengan pemberian sambutan dari perwakilan Tim 1 KKN UNDIP dilanjutkan dengan pemberian sambutan perwakilan dari pemerintah Desa Kuta yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Desa, Sodikin.

Konsep paparannya menjelaskan mengenai analisa potensi dan masalah, latar belakang pengambilan program, aspek aspek yang mendukung serta rancangan desain 3D Kalisetu. Sesi diskusi dibuka, peserta tampak antusias menanyakan mengenai realisasi rancangan desain Kalisetu, serta ada yang memberikan saran untuk menggali sejarah dari Desa Kuta.

“Rancangan desain Kalisetu yang dibuat oleh mahasiswa KKN hanya sebagai gambaran awal saja, untuk mewujudkan Kalisetu sesuai dengan rancangan desain tersebut diperlukan usaha dari perangkat desa yang bekerjasama dengan masyarakat desa” ujar Atang Junaedi, Perangkat Desa Kuta.

Program ini diharapkan dapat lebih menghidupkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Kuta. Selain itu juga dapat mewujudkan Desa Wisata sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat dengan adanya Objek Wisata Kalisetu ini. (RedG)

Tinggalkan Balasan